Pengertian Majas Alegori dan Contohnya

Pengertian Majas Alegori dan Contohnya – Dalam kesempatan ini kami akan menguraikan tentang pelajaran majas yaitu tentang majas alegori. Seperti majas pada umumnya, majas alegori juga banyak digunakan dalam membuat suatu karya sastra. Supaya bisa menggunakan majas alegori dengan benar, pastinya dibutuhkan pemahaman yang baik mengenai majas alegori. Hal tersebut sangat dibutuhkan, karena tiap majas memiliki ciri-ciri tersendiri yang dapat membedakan antara majas satu dengan majas yang lainnya. Untuk itu dalam blog Temukan Pengertian ini kami akan menguraikan secara rinci tentang majas alegori. Pembahasan tentang majas alegori ini kami bagi menjadi 2 bagian yaitu tentang pengertian majas alegori dan juga contoh majas alegori.
Majas Alegori dan Contohnya
Pengertian Majas Alegori
Asal mula kata Alegori berasal dari kata allegorein (bahasa  Yunani) yang secara harfiah artinya “ungkapan yang sebalinya”. Secara umum pengertian alegori yaitu bicara mengenai sesuatu hal namun artinya adalah hal yang lainnya. Majas alegori yaitu uraian secara rinci mengenai suatu pokok, yang dituliskan sedemikian rupa seolah-olah menceritakan suatu hal yang tidak ada kaitannya/ berlainan, namun sebenarnya ada kaitannya. Alegori merupakan sebuah gaya bahasa perbandingan dalam kesatuan yang utuh, yang berkaitan antara satu dengan yang lainnya. Majas alegori adalah majas perbandingan yang menunjukkan satu perbandingan yang utuh, perbandingan yang digunakan membentuk kesatuan menyeluruh. Selain itu majas alegori juga bisa diartikan sebuah majas yang menyatakan menggunakan cara lain.
Majas alegori bisa juga disebut sebagai sebuah metafora yang dilanjutkan. Untuk itu dalam memahami majas alegori perlu dipahami dari seluruh teks. Salah satu contoh majas alegori yaitu cerita fable, selain cerita fable juga sering dijumpai dalam puisi-puisi.
Baca juga Artikel: Pengertian Majas: Apa itu Majas?

Contoh Majas Alegori

Supaya lebih memahami tentang majas alegori, silahkan perhatikan beberapa contoh majas alegori berikut ini:
Contoh Majas Alegori 1
Belajar ketika masih kecil bagaikan mengukir di atas batu yang bisa jadi karya seni yang indah. Belajar ketika sudah tua bagaikan mengukir di atas air yang mustahil akan memperoleh hasil. Di waktu masih muda adalah kesempatan belajar yang baik., apabila sudah tua kemampuan untuk belajar akan semakin berkurang dikarenakan faktor usia.
Contoh Majas Alegori 2
Lidah manusia itu bagaikan pisau yang tajam. Pisau itu akan mudah melukai dan menyakiti yang ada di sekitarnya apabila tidak dijaga dengan baik. Tetapi dapat jadi pelindung yang kuat dan senjata ampuh apabila dipergunakan dengan tepat.
Baca juga Artikel: Pengertian Majas Simile dan Contohnya
Demikian apa yang dapat kami jelaskan tentang Pengertian Majas Alegori dan Contohnya, semoga apa yang kami jelaskan tersebut dapat memberikan manfaat.

Artikel Terkait