Pengertian Majas Simile dan Contohnya

Pengertian Majas Simile dan Contohnya – Ketika sekolah dalam pelajaran bahasa Indonesia tentunya kita pernah mendapatkan materi tentang majas. Terdapat banyak majas yang diajarkan kepada kita salah satunya yaitu majas simile. Walaupun demikian pastinya diantara kita ada yang kurang memahami atau malahan belum memahami tentang apa itu majas simile. Majas itu jenisnya ada banyak maka kita perlu memahami pengertian dan ciri-ciri majas simile untuk mengidentifikasi/ mengenali majas simile. Untuk itu dalam blog Temukan Pengertian ini, akan kami bahas secara rinci tentang majas simile. Pembahasan tentang majas simile ini, terbagi atas 2 bagian yaitu tentang pengertian majas simile dan tentang contoh majas simile.
Pengertian Majas Simile dan Contohnya
Pengertian Majas Simile
Sebelumnya kami bahas dulu asal mula kata simile, dalam bahasa latin kata simile artinya seperti. Sedangkan dalam bahasa melayu simile dikenal dengan perumpamaan, yaitu dua hal yang tidak sama diperbandingkan. Karena itulah, dapat dijelaskan kalau majas simile adalah majas yang kalimatnya membandingkan antara 2 hal yang berbeda secara hakiki, namun dianggap mengandung segi yang sama/ serupa. Kesamaan atau keserupaan itu dinyatakan secara langsung/ eksplisit/ secara jelas. Untuk menyatakan keserupaan tersebut dilakaukan dengan kata “bagai”, “seperti”, “laksana”, “bak, dan sebagainya. Majas simile dikelompokkan ke dalam majas perbandingan karena sifatnya yang membandingkan sesuatu.
Baca juga Artikel: Pengertian Majas: Apa itu Majas?

Contoh Majas Simile

Supaya lebih paham tentang majas simile, berikut ini kami berikan beberapa contoh majas simile, silahkan dipahami dengan baik.
Contoh Majas Simile 1
"Rambutnya laksana mayang terurai"
Termasuk majas simile karena kata laksana mengumpamakan rambut dengan mayang yang terurai.
Contoh Majas Simile 2
"Persahabatan kita layaknya rantai yang sangat kuat"
Dalam contoh tersebut kata layaknya mengumpamakan antara persahabatan dengan rantai yang sangat kuat. Jadi kalimat tersebut termasuk majas simile.
Contoh Majas Simile 3
"Siswi yang duduk di kursi itu seperti bunga yang baru mekar"
Pada contoh kalimat tersebut mengumpamakan antara siswi yang duduk dikursi dengan bunga mawar dengan pilihan kata seperti. Jadi contoh kalimat tersebut termasuk majas simile.
Contoh Majas Simile 4
"Wajahmu bagaikan rembulan yang bersinar terang"
Contoh kalimat tersebut merupakan majas simile karena terdapat kata bagaikan yang mengumpamakan wajah dengan rembulan.
Baca juga Artikel: Pengertian Majas Metonimia dan Contohnya
Semoga penjelasan yang kami berikan tentang Pengertian Majas Simile dan Contohnya di atas dapat bermanfaat dan dapat anda pahami dengan baik.

Artikel Terkait