Pengertian Majas Ironi dan Contohnya

Pengertian Majas Ironi dan Contohnya – Tahukah kamu apa majas ironi itu? Majas ironi adalah salah satu majas yang kita jumpai dalam pelajaran Bahasa Indonesia. Pada sebuah karya sastra, majas ironi sering digunakan untuk memperkaya gaya bahasa supaya menjadi lebih indah. Setiap majas mempunyai ciri-ciri yang membedakan antara majas satu dengan yang lainnya. Pembeda setiap majas inilah yang digunakan untuk mengenali/ mengidentifikasi majas tersebut. Majas ironi ini pastinya mempunyai perbedaan dengan majas yang lain seperti penyampaian makna pada saat diterapkan dalam kalimat dan juga dalam hal pemilihan kata. Untuk itu dalam blog Temukan Pengertian membahas secara rinci tentang majas ironi, supaya anda bisa mengenali majas ironi dengan baik. Dalam pembahasan ini tidak hanya kami bahas pengertian majas ironi secara rinci saja tetapi ada juga contoh majas ironi sebagai pelengakap pemahaman anda.
Pengertian Majas Ironi dan Contohnya
Pengertian Majas Ironi
Kata Ironi berasal dari kata dalam bahasa Yunani "eironeia" yang artinya “berpura-pura tidak mengerti”. Majas ironi adalah majas yang menyatakan sesuatu dengan makna yang berlawanan (memberikan sindiran). Majas ironi dalam menyatakan sesuatu menyatakan kebalikan dari maksud yang sebenaranya terjadi. Bisa juga dikatakan kalau majas ironi itu sifatnya menutup-nutupi dan menyembunyikan. Karena menyembunyikan makna sebenarnya maka majas ironi bisa juga disebut sebagai praktik kepura-puraan. Makna yang dimaksudkan dalam majas ironi bertentangan dengan apa yang diucapkan/ dikatakan. Ironi sifatnya halus namun bisa juga memberikan pernyataan makna yang kasar. Pengelompokan Majas ironi ini dikelompokkan dalam majas sindiran atau pertentangan.
Baca juga Artikel: Pengertian Majas: Apa itu majas?

Contoh Majas Ironi

Supaya anda lebih memahami apa itu majas ironi, di bawah ini kami berikan beberapa contoh majas ironi yang bisa menambah pembahaman anda, silahkan diperhatikan:
Contoh Majas Ironi 1
"Enak sekali masakan yang kamu buat ini, rasanya pedas dan asin sekali"
Kalimat tersebut bertentangan pada kata enak sekali dengan kata pedas dan asin sekali, sehingga disebut dengan majas ironi.
Contoh Majas Ironi 2
"kelakuanmu begitu baiknya sampai-sampai orang tuamu menagis karena ulahmu"
Kalimat tersebut menyatakan makna sindiran yang bertentangan, sehingga disebut majas ironi.
Contoh Majas Ironi 3
"Bagusnya tulisanmu sampai-sampai aku tidak bisa membaca"
Contoh kalimat tersebut merupakan sindiran sehingga disebut majas ironi.
Contoh Majas Ironi 4
"Kamu datang ke sini cepat sekali sehingga para tamu undangan sudah pulang"
Kalimat tersebut termasuk majas ironi karena pada kalimat tersebut mempunyai maksud sindiran.
Baca juga Artikel: Pengertian Majas Simile dan Contohnya
Itulah penjelasan yang dapat kami jelaskan tentang Pengertian Majas Ironi dan Contohnya, semoga bisa menambah pengetahuan anda.

Artikel Terkait