Pengertian Majas Metonimia dan Contohnya

Pengertian Majas Metonimia dan Contohnya – Majas metonimia merupakan salah satu nama majas yang sering dipelajari di sekolah. Dalam sebuah karya sastra sering kali digunakan majas metonimia sebagai pelengkap gaya bahasa agar karya sastra tersebut lebih menarik. Majas metonimia mempunyai ciri khusus sebagai mana majas pada umumnya yang membedakan antara majas satu dengan majas yang lainnya. Untuk itu pemahaman mengenai majas metonimia sangat penting supaya kita tidak keliru dalam mengenali jenis majas ini. Karena pentingnya pemahaman tentang majas metonimia, maka blog Temukan Pengertian akan memberikan penjelasan secara rinci tentang Pengertian majas metonimia beserta contoh majas metonimia berikut ini.
Pengertian Majas Metonimia dan Contohnya

Pengertian Majas Metonimia

Metonimia merupakan kata yang diambil dari kata dalam bahasa yunani yaitu meto dan anoma. Meto artinya “menunjukkan perubahan” sedangkan anoma artinya “nama”. Sehingga dapat disimpulkan majas metonimia adalah sebuah gaya bahasa yang memakai suatu kata untuk mengungkapkan suatu hal yang lainnya, karena memiliki hubungan yang erat. Dengan kata lain majas metonimia adalah majas yang memakai nama barang atau merek dagang untuk menggambarkan sesuatu dipakai sehingga kata tersebut berasosiasi terhadap benda secara keseluruhan. Pengertian lain tentang majas metonimia adalah majas yang menggunakan nama hal atau nama ciri yang dikaitkan dengan benda, orang, atau suatu hal, yang dipakai sebagai penggantinya. Contohnya, dalam menyebutkan sepeda motor, hanya dengan menyebutkan nama merknya saja, maka orang sudah mengerti bahwa apa yang kita maksudkan itu sepeda motor.
Baca juga Artikel: Pengertian Majas: Apa itu Majas?

Contoh Majas Metonimia

Untuk lebih memahami tentang majas metonimia, berikut ini kami berikan beberapa contoh majas metonimia, silahkan dipahami.
Contoh Majas Metonimia 1
"Jama'ah haji berangkat ke tanah suci naik Garuda Indonesia"
Kata "Garuda Indonesia" dimaksudkan pesawat karena Garuda Indonesia merupakan merk maskapai penerbangan. Sehingga artinya menjadi Jama'ah haji berangkat ke tanah suci naik pesawat. Jadi contoh kalimat tersebut merupakan majas metonimia.
Contoh Majas Metonimia 2
"Pak hadiyanto pergi ke kantor menggunakan Honda"
Makna dari contoh kalimat tersebut yaitu "Pak hadiyanto pergi ke kantor menggunakan motor". Kata motor diganti dengan kata "Honda" yang merupakan merk motor. Jadi contoh kalimat tersebut merupakan majas metonimia.
Contoh Majas Metonimia 3
"Untuk menyedot air kami menggunakan Sanyo"
Contoh Kalimat tersebut merupakan majas metonimia karena Kata "sanyo" maksudnya adalah sebuah alat atau mesin yang dipakai untuk menyedot air.
Contoh Majas Metonima 4
"Pak Riza membeli sebuah Grand Livina"
Makna pada contoh kalimat tersebut yaitu "Pak riza membeli sebuah mobil", tetapi kata mobil diganti dengan kata merk mobil yaitu "Grand Livina". Jadi contoh kalimat tersebut merupakan majas metonimia.
Baca juga Artikel: Pengertian Majas Litotes dan Contohnya
Semoga setelah membaca penjelasan tentang Pengertian Majas Metonimia dan Contohnya tersebut anda bisa mempunyai pemahaman yang baik tentang majas tersebut. Sekian dari kami dan semoga bermanfaat.

Artikel Terkait