Pengertian Sosialisasi Menurut Para Ahli

Pengertian Sosialisasi Menurut Para Ahli - Dalam kehidupan bermasyarakat tidak jarang kita sering mendengar kata sosialisasi, lalu apa yang dimaksud sosialisasi itu?. Istilah sosialisasi bisa mempunyai makna pergaulan. Sehari-hari dalam pergaulan dipelajari banyak hal termasuk nilai, pola-pola perilaku, norma yang terdapat dalam kelompok masyarakat, baik secara individu maupun kelompok. Semakin lama nilai-nilai serta norma yang ada bisa diserap menjadi bagian serta kepribadian masyrakat individu dan juga kelompok. Oke langsung saja ke pokok pembahasan yaitu tentang Pengertian Sosialisasi Menurut Para Ahli. Berikut ini adalah penjelasan secara lengkapnya.
Pengertian Sosialisasi Menurut Para Ahli

Pengertian Sosialisasi Menurut Para Ahli

Terdapat beberapa ahli tentang ilmu sosial yang sudah merumuskan pendangannya mengenai sosialisasi. Pandangan tersebut tentunya berdasarkan atas sudut pandang pemikiran yang dipengaruhi oleh latar belakang disiplin ilmu yang telah dipelajarinya. Berikut ini beberapa definisi tentang Pengertian Sosialisasi Menurut Para Ahli.
  • Pengertian Sosialisasi menurut Koenifaraningrat yaitu semua proses dimana seorang individu semenjak masak anak-anak hingga dewasa dalam berhubungan, berkembang, mengenal serta menyesuaikan diri dengan individu yang lain yang hidup di dalam masyarakat sekitarnya.
  • Pengertian Sosialisasi menurut Peter Berger yaitu sebuah proses di mana seorang pelajar menjadi anggota yang ikut berpartisipasi dalam masyarakat.
  • Pengertian Sosialisasi menurut Charlotte Buhier yaitu sosialisasi adalah sebuah proses yang membantu individu-individu dalam belajar dan menyesuaikan diri tentang bagaimana cara berpikir dan cara hidup kelompoknya, supaya dia bisa berfungsi dan berperan di dalam kelompoknya.
  • Pengertian Sosialisasi menurut Irvin L. Child yaitu sosialisasi merupakan seluruh proses yang menuntut individu untuk mengembangkan potensi tingkah laku aktualnya yang dipercayai sebetulnya dan sudah jadi kebiasaan serta sesuai standar dan kelompoknya.

Dari beberapa pengertian para ahli tentang Sosialisasi maka bisa disimpulkan kalau proses sosialisasi seseorang menjadi mengerti serta memahami tentang bagaiamana cara bertingkah laku dan bersikap di dalam lingkungan masyarakat. Lewat proses ini, maka seseorang bisa mengetahui serta menjalankan hak dan kewajibannya menurut peranan yang dimilikinya.

Demikain penjelasan tentang Pengertian Sosialisasi Menurut Para Ahli, semoga penjelasan tersebut dapat memberikan manfaat.

Artikel Terkait