Skip to main content

Pengertian Komputer Client dan Fungsinya dalam Jaringan

Pengertian komputer client dan fungsinya - Dalam jaringan selain kita mengenal istilah komputer server, ada juga komputer lain yang disebut sebagai komputer client. Nah apa itu client pada jaringan komputer? Bagi teman-teman yang sering mengutak-atik jaringan komputer pasti sudah paham dengan apa yang dimaksud dengan client. Namun bagi teman-teman yang baru mengenal dunia jaringan pasti bertanya tanaya tentang apa arti dari client dan apa fungsi client. Untuk itulah pada pembahasan kali ini kami akan membahas dan menjelaskan definisi dari client beserta fungsinya. Seperti apakah pengertian client dan fungsinya? Mari kita simak apa yang kami jelaskan tentang pengertian dan fungsi komputer client.

Pengertian Komputer Client dan Fungsinya

Pengertian Client dalam Jaringan Komputer

Pengertian client adalah komputer dalam jaringan yang menggunakan sumber daya yang disediakan oleh server. Lebih jelasnya Client adalah Pemakai layanan. Pada prinsipnya Client dan server merupakan suatu system yang merupakan aplikasi jaringan komputer yang saling terhubung.

Atau definisi client adalah sebuah komputer yang digunakan untuk mengakses layanan yang sudah disediakan oleh komputer server. Selain disebut sebagai komputer client, juga banyak yang menyebutnya dengan istilah Workstation. Dalam sebuah jaringan komputer, jumlah komputer client biasanya lebih dari satu komputer dan biasanya disesuaikan dengan jumlah pengguna yang terdapat dalam sebuah perusahaan atau instansi.

Komputer client biasanya sudah dilengkapi dengan berbagai macam aplikasi yang bisa memudahkan penggunanya untuk mengakses informasi dan data. Selain itu biasanya komputer client dilengkapi dengan aplikasi-aplikasi lain misalnya aplikasi perkantoran (Office), browser, player dan lain-lain. Untuk masalah hardware, komputer client tidak setinggi komputer server. Hal itu karena beban kerja yang dilakukan komputer client tidak setinggi komputer server. Beberapa contoh layanan yang bisa diminta oleh komputer client diantaranya yaitu akses file, data, printer dan internet.

Untuk memahami hubungan client dengan server berikut ini silahkan pahami Paradigma client server:

Komputer Client:

  • Mengawali hubungan dengan server (“speaks first”).
  • Biasanya meminta layanan dari server.
  • Untuk Web, client diimplementasikan dalam bentuk browser; untuk e-mail, dalam bentuk mail reader

Komputer Server:

  • Menyediakan layanan yang diminta client
  • Mis: Web server mengirimkan halaman Web, mail server mengirimkan e-mail.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Fungsi Client dalam Jaringan Komputer

Sebutkan fungsi komputer client? Berikut ini kami jelaskan fungsi komputer client adalah:

1. Untuk mengakses data dan informasi yang disediakan oleh komputer server

Fungsi utama dari komputer client adalah untuk mengakses data dan informasi yang disediakan komputer server. Setiap client mempunyai hak akses tertentu untuk mengakses layanan yang diperlukan.

2. Sebagai komputer kerja

Komputer client juga bisa digunakan sebagai komputer kerja di luar layanan yang diberikan oleh komputer server.

3. Sebagai administrator

Komputer client juga bisa menjadi administrator bagi komputer-komputer lain dalam suatu jaringan sesuai dengan hak akses yang diberikan oleh komputer server kepada komputer client tersebut.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Demikianlah ulasan dari kami tentang pengertian client dan fungsinya. Semoga ulasan yang kami tulis dalam blog temukan pengertian di atas bisa menambah pengetahuan kita.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar