--> Skip to main content

Pengertian Fungsi dan Jenis Server, Manfaat serta Cara Kerja

Pengertian fungsi dan jenis server – Dalam sebuah jaringan yang terdiri dari beberapa komputer, biasanya terdapat sebuah konsep client dan server. Antara client dan server keduanya merupakan komputer yang saling berhubungan. Nah apa itu client dan apa itu server? Untuk client silahkan baca: Pengertian Komputer Client dan Fungsinya. Sedangkan untuk pengertian server akan kami bahas dalam pembahasan ini. Bagi kamu yang belum tahu tentang apa yang dimaksud dengan server, tentunya pembahasan tentang definisi server ini akan sangat bermanfaat. Untuk itu silahkan kamu baca dan pahami dengan baik. Di sini selain membahas pengertian jenis dan fungsi server layanan juga kami bahas tentang manfaat komputer server dan cara kerja komputer server.

Pengertian Fungsi dan Jenis Server

Pengertian Server

Pengertian server adalah suatu sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu untuk client dalam suatu jaringan komputer. Server dilengkapi dengan sistem operasi khusus untuk mengontrol akses dan sumber daya yang ada di dalamnya, biasanya sistem operasi khusus tersebut disebut sistem operasi jaringan atau network operating system. Selain itu Server didukung dengan dan RAM yang besar dan prosesor yang bersifat scalable. Server juga menjalankan perangkat lunak administratif yang mengontrol akses terhadap jaringan dan sumber daya yang terdapat di dalamnya, seperti halnya berkas atau pencetak, dan memberikan akses kepada stasiun kerja anggota jaringan.

Sebuah komputer dapat berperan sebagai server, client, bahkan berperan sebagai keduanya. Sebagai contoh, kamu menggunakan komputer A untuk mengakses website milik pengguna komputer B, maka kamu berperan sebagai client. Sebaliknya apabila pengguna komputer B menggunakan komputernya untuk mengakses website komputer kamu, maka komputer kamu berperan sebagai server. Konsep seperti itu dikenal dengan sebutan konsep peer to peer.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Fungsi Server

Secara umum sebuah server mempunyai fungsi yang sama. Secara umum fungsi server adalah sebagai berikut:

  • Untuk melayani permintaan data dari komputer client.
  • Bertanggung jawab untuk mengatur lalu lintas data.
  • Menyediakan database dan aplikasi yang dapat dijalankan di semua komputer client.
  • Mengatur permissions (hak akses) ke dalam sebuah jaringan, sehingga tidak semua client dapat mengakses data yang ada dalam komputer server.
  • Untuk menyediakan berbagai jenis resource untuk bisa digunakan semua komputer client yang masuk dalam jaringan, baik itu berupa hardware maupun software/ aplikasi.
  • Menyimpan berbagai data dan file untuk bisa diakses menggunakan protokol FTP secara bersama-sama.
  • Memberi perlindungan kepada komputer client dengan cara pemasangan firewall atau anti malware pada komputer client.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Jenis jenis Server

Jenis jenis server berdasarkan fungsinya adalah sebagai berikut:

  • FTP server: untuk mengatur transfer data dalam suatu jaringan.
  • Telnet server: untuk mengatur komputer dengan melakukan login dan logout pada komputer host.
  • Proxy server: untuk membatasi permintaan data, kinerja koneksi serta berbagi file antar server dan client di luar jaringan. Selain itu berfungsi sebagai gerbang antara jaringan lokal dengan jaringan global (interent).
  • Mail server: untuk menyimpan berbagai jenis surat elektronik, menangani berbagai macam permintaan client.
  • Web server: untuk menyimpan konten pada website dan berkomunikasi dengan menggunakan HTTP.
  • Audio dan video server: sebagai tempat penyimpanan fitur multimedia sebuah website.
  • Aplikasi server: untuk mengolah perintah yang diberikan client dan menghubungkannya ke database.
  • Virtual server: untuk membuat sejumlah server fisik seakan-akan seperti menjadi beberapa server.
  • News server: untuk menyalurkan berbagai macam berita melalui jaringan berita.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Manfaat Komputer Server

Manfaat penggunaan komputer server yaitu lebih hemat biaya dan waktu, sehingga suatu kegiatan menjadi lebih ekonomis. Sebagai contoh, apabila dalam sebuah perusahaan ada sebuah komputer server yang terhubung ke semua komputer lain sebagai clientnya, maka sebuah data bisa dibagikan secara cepat ke seluruh client dalam jaringan tersebut. Kemudian apabila ada komputer client yang ingin mencetak sebuah dokumen, maka dapat langsung melalui komputer server, sehingga hanya diperlukan satu buah printer saja. Hal itu tentunya jauh lebih ekonomis dibanding dengan memasang printer di setiap komputer yang terdapat dalam perusahaan tersebut. Dalam membuat sebuah komputer server, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, diantaranya yaitu:

  • Kapasitas RAM harus besar supaya proses multitasking bisa lebih cepat.
  • Sebaiknya komputer server mempunyai kecepatan akses prosesor yang mumpuni supaya kinerjanya tetap terjaga dan tidak terjadi down.
  • Kebanyakan komputer server lebih memilih menggunakan SSD untuk media penyimpanan berbagai macam data dari komputer client, dari pada menggunakan hard drive atau hardisk hal itu karena SSD mempunyai kinerja dan performa yang lebih baik.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Cara Kerja Komputer Server

Pengertian Fungsi dan Jenis Server

Jelaskan bagaimana cara kerja komputer server? cara kerja komputer server dalam jaringan secara sederhananya yaitu komputer server bekerja atas permintaan dari sebuah komputer client. Sebagai contoh dalam kasus web server, pada saat kita mengetikan sebuah alamat website menggunakan browser, maka kita bertindak sebagai client yang meminta informasi kepada web server. Kemudian web server mengirimkan isi website ke komputer kita, sehingga kita bisa mengakses isi dari website tersebut.

Contoh lain pada server FTP, yang mungkin sedikit berbeda. Pada server FTP, kita bisa mengunggah sebuah data atau dokumen ke dalam server FTP, sehingga bisa tersimpan dalam server tersebut. Sebagai client, kita berhak untuk menyimpan data kita pada server FTP. Nantinya apabila ada orang lain yang telah tergabung dalam jaringan server dan ingin mendownload data atau dokumen yang kita upload, maka server FTP akan menyediakan koneksi untuk orang lain yang menjadi client tersebut.

Semua jenis server secara umum bekerja dengan menjalankan fungsi-fungsi yang telah disebutkan di atas, mulai dari melayani permintaan data dari client sampai dengan memberikan suatu perlindungan pada komputer client. Hanya saja, untuk jenis server yang berbeda, hal yang dilayani pun juga akan berbeda.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Demikian penjelasan yang dapat kami tulis tentang pengertian fungsi dan jenis server beserta manfaat komputer server dan cara kerja komputer server. Semoga penjelasan di atas dalam blog temukan pengertian ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan kita tentang jaringan komputer dan konsep client-server.

Buka Komentar
Tutup Komentar