Skip to main content

Pengertian Keyboard (Jenis Fungsi dan Susunan Keyboard)

Pengertian keyboard – Agar sebuah komputer bisa digunakan untuk memasukan data, memperluas ata serta menghasilkan informasi, maka paling sedikut komputer harus terdiri dari keyboard, CPU, monitor dan printer. Nah dalam pembahasan kali ini yang akan kami bahas ialah tentang apa itu keyboard, sedangkan untuk yang lain akan kami bahas di lain waktu. Keyboard memang sudah bukan hal yang asing lagi bagi kita namun kita juga perlu tahu tentang apa yang dimaksud dengan keyboard. Sebelumnya teman-teman sudah tahukah kamu dengan apa yang dimaksud keyboard? Jika belum tahu seperti apakah keyboard itu, maka teman-teman bisa menyimak penjelasan dari kami di sini tentang arti dari keyboard pada komputer. Selain menjelaskan tentang definisi dari keyboard pada komputer di sini juga kami sertakan penjelasan tentang jenis jenis keyboard komputer, fungsi keyboard pada komputer dan susunan tombol keyboard.

Pengertian Keyboard

Pengertian Keyboard

Keyboard merupakan media/peralatan input pada komputer yang merupakan sarana pendukung utama untuk dapat memasukkan angka, karakter khusus, serta sebagai sarana untuk memberikan perintah dari user (pemakai computer) melalui tombol-tombol yang ada. Keyboard adalah sebuah hardware atau perangkat keras pada komputer yang fungsinya sebagai alat untuk input data berupa huruf, angka maupun simbul. Atau pengertian keyboard adalah sebuah perangkat keras pada komputer berbentuk papan yang mempunyai berbagai macam tombol yang mana tombol tersebut mempunyai fungsi yang berbeda-beda tergantung dari penekanannya yang dapat menghasilkan proses yang sesuai dengan keinginan penggunanya.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Jenis jenis Keyboard Komputer

Berikut ini adalah jenis-jenis keyboard komputer dan gambarnya, selain itu juga kami sertakan jenis jenis keyboard komputer dan penjelasannya.

  • Keyboard QWERTY: Tatak letak keyboard QWERTY ditemukan di tahun 1878. Nama QWERTY sendiri diambil dari 6 huruf yang berurutan di baris ke-2 dari tombol alfanumerik pada keyboard. Kemudian keyboard QWERTY ini menjadi standar pada mesin tik komersial di tahun 1905. Bentuk keyboard QWERTY adalah sebagai berikut ini.
    Pengertian Keyboard
  • Keyboard Dvorak: Keyboard Dvorak ditemukan pada tahun 1932. Jika menggunakan keyboard ini maka tangan kanan akan lebih banyak terbebani pekerjaan apabila dibandingkan dengan tangan kiri. Kemudian tata letak keyboard Dvorak dirancang agar 70% dari penakaran pada home row, jadi bisa mengurangi kelelahan pada saat pengetikan. Susunan huruf pada keyboar Dvorak sedemikian rupa, seperti pada gambar berikut ini.
    Pengertian Keyboard
  • Keyboard Alphabetic: Tombol yang ada pada keyboard alphabetic tersusun sama persis seperti pada keyboard QWERTYdan keyboard Dvorak, hanya saja susunan pada hurufnya berurutan seperti halnya urutan pada huruf alphabet. Bentuk keyboard ini jarang dipakai, sebab jika mengetik dengan keyboard ini kecepatan mengetiknya kurang cepat. Bentuk keyboardnya adalah seperti pada gambar di bawah ini.
    Pengertian Keyboard
  • Keyboard Klockenberg: Keyboard klockenberg dirancang dengan tujuan menyempurnakan jenis keyboard yang sudah ada sebelumnya. Bentuk penyempurnaannya yaitu dengan memisahkan kedua bagian dari keyboard, yakni bagian kanan dan bagian kiri. Bagian kanan dan kiri pada keyboard ini dipisahkan dengna sudut 15 drajat dan dibuat miring ke bagian bawah. Selain itu keyboard ini mempunyai tombol yang dibuat lebih dekat dengan meja. Untuk bentuknya adalah sebagai berikut ini.
    Pengertian Keyboard
  • Keyboard Numeric: Keyboard numeric adalah jenis keyboard yang dipakai untuk memasukkan bilangan dalam jumlah yang besar. Tombol numeric lebih suka digunakan orang-orang karena tata letaknya yang mudah dijangkau menggunakan tangan, sehingga terasa lebih nyaman saat digunakan. Bentuknya adalah sebagai berikut ini.
    Pengertian Keyboard
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Fungsi Keyboard Pada Komputer

Secara umum fungsi keyboard pada komputer adalah untuk mengirimkan perintah dari setiap huruf, angka serta simbol yang di ketikkan kemudian menyampaikannya ke Central Processing Unit (CPU), selanjutnya perintah tersebut diubah menjadi sinyal-sinyal digital sehingga perintah tersebut bisa dimengerti oleh processor.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Susunan Tombol Keyboard

Susunan tombol pada keyboard atau struktur tombol keyboard sesuai fungsinya adalah sebagai berikut ini:

  • Main Typing Keypad: Papan ketik utama yang isinya terdiri dari huruf A hingga Z, tanda baca dan angka 1 hingga 0 yang dipakai untuk memasukkan teks ke dalam sistem komputer, contohnya ketika mengetik pada Microsoft Office atau di browser internet.
  • Directional Keys: 4 tombol ini ditandai dengan anak panah yang mengarah ke empat sisi. Fungsi tombol ini yaitu digunakan untuk menggeser kursor dan layar ke arah yang diinginkan.
  • Numeric/ Directional Keypad: Tombol yang isinya angka dan tombol pemindah kursor, biasanya letaknya berada di sisi kanan main typing board. Tombol ini dapat berfungsi apabila tombol fungsi numeric key dihidupkan. Tombol ini dapat memudahkan dalam mengetik dan memasukkan angka ke dalam sistem.
  • Function Key: Letak tombol ini yaitu berada di atas tombol main typing keypad dan bisa dikenali dari tanda F1 sampai F12. Fungsi dari tombol-tombol ini yaitu untuk mengatur beberapa perintah seperti untuk menyimpan dokumen, memunculkan menu help ketika mengetik pada Microsoft Word dan lain-lain.
  • Special Keys: Letak tombol ini berada di bagian atas tombol directional keys dan terdiri dari tombol Print Screen, Pause Break, Insert, Home, Page Up, Delete, End dan Page Down.
  • Modifier Keys: Tombol yang terdiri dari Ctrl, Alt, dan Shift. Sesuai dengan nama tombol tersebut, ketiga tombol ini berfungsi memodifikasi atau merubah fungsi suatu tombol lain dalam keyboard dan dapat ditekan secara bersamaan dengan tombol lain untuk menampilkan suatu perintah. Misal tombol Ctrl ditekan secara bersamaan dengan tombol C maka secara otomatis akan menyalin atau mengcopy data yang telah dipilih pada monitor. Kombinasi dari tombol-tombol tersebut biasa disebut dengan shortcut keys.
  • Status Light (Lock Keys): Indikator cahaya yang berfungsi sebagai penanda bahwa suatu tombol sedang digunakan untuk mengatur suatu fungsi. Misal tombol Caps Lock yang dapat memungkinkan data diketik dengan huruf Kapital dan numeric lock yang dipakai dalam mengaktifkan tombol numeric key.
  • Windows keys: Umumnya keyboard pada komputer mempunyai tombol yang berlogo Microsoft Windows. Fungsi tombol ini yaitu untuk menampilkan menu pada jendela windows di komputer.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Itulah penjelasan yang dapat kami tuliskan tentang pengertian keyboard. Semoga penjelasan yang kami tulis dalam blog temukan pengertian ini dapat memberikan manfaat untuk kita semua.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar