Skip to main content

Pengertian Central Processing Unit (CPU)

Pengertian Central Processing Unit (CPU) - Saat ini hampir semua peralatan menggunakan komputer. Agar sebuah komputer dapat menghasilkan sebuah informasi maka harus ada perangkat keyboard, Central Processing Unit (CPU), monitor dan juga printer. Nah yang menjadi pokok pembahasan kali ini adalah tentang Central Processing Unit (CPU). Sudah tahukah kamu dengan apa itu Central Processing Unit (CPU)? Mungkin teman-teman yang bergerak dalam bidang komputer sudah tahu dengan apa yang dimaksud Central Processing Unit. Namun bagi kamu yang masih awam tentunya masih belum bisa menjelaskan apa yang dimaksud dengan Central Processing Unit. Untuk itulah pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang apa yang dimaksud dengan CPU Central Processing Unit. Dalam pembahasan ini tidak hanya tentang definisi central processing unit, namun juga kami sertakan penjelasan tentang komponen Central Processing Unit, cara kerja Central Processing Unit dan fungsi Central Processing Unit.
Pengertian Central Processing Unit (CPU)

Pengertian Central Processing unit (CPU)

CPU (Central Processing Unit) adalah perangkat keras komputer yang mempunyai tugas untuk menerima serta melakukan perintah dan mengolah data dari perangkat lunak. CPU sering disebut sebagai processor, hal itu karena merupakan pusat pengolahan data dalam sebuah komputer. Kualitas dan teknologi dari CPU yang digunakan dalam komputer berpengaruh terhadap cepat atau lambatnya kinerja dari sebuah komputer. Jadi CPU diibaratkan sebagai otak dari sebuah komputer, karena CPU mengatur semua aktifitas dan jalannya suatu program termasuk software atau aplikasi di dalamnya.
Apapun itu semua, hal yang berhubungan dengan proses dalam komputer, baik itu proses yang sederhana pun akan selalu diatur oleh CPU. Sebagai contoh ketika kita menekan tombol huruf “J” pada keyboard, maka huruf “J” akan ditampilkan di layar, CPU lah yang dapat memungkinkan hal tersebut terjadi. Sehingga tanpa adanya Central Processing Unit (CPU) dalam sebuah komputer, maka komputer tidak akan dapat menjalankan perintah atau program.

Komponen Central Processing Unit

Komponen cpu komputer adalah sebagai berikut ini:
  1. Unit Kontrol
  2. Unit kontrol adalah bagian prosesor yang mengatur jalannya sebuah program. Komponen ini ada pada semua CPU. Tugas dari unit kontrol yaitu mengambil instruksi-instruksi atau perintah dari memori utama dan menentukan jenis instruksi tersebut. Hasil pengolahan data akan dibawa oleh unit kendali ke memori utama lagi untuk dilakukan penyimpanan, ketika sudah saatnya akan disajikan ke alat ouput. Dengan begitu unit kontrol bisa mengontrol komputer, sehingga bisa terjalin sinkronisasi kerja antar komponen dalam melakukan fungsi-fungsinya.
  3. Register
  4. Register adalah alat penyimpanan yang ukurannya relatif kecil tetapi mempunyai kecepatan akses yang cukup tinggi dengan fungsi menyimpan instruksi atau data yang sedang diproses. Memori ini sifatnya hanya sementara, biasanya dipakai untuk menyimpan data ketika sedang diolah ataupun data untuk pengolahan berikutnya.
  5. Arithmetic Logic Unit
  6. ALU atau Arithmetic Logic Unit adalah bagian dari Central Processing Unit (CPU) yang tugasnya untuk melakukan operasi aritmatika dan operasi logika berdasarkan dari instruksi yang telah ditentukan. Arithmetic Logic Unit sering disebut sebagai mesin bahasa hal itu karena terdiri dari 2 bagian yaitu unit aritmatika dan unit logika boolean yang masing-masing mempunyai spesifikasi tugas tersendiri. Tugas utama Arithmetic Logic Unit yaitu melakukan seluruh perhitungan aritmatika yang terjadi sesuai dengan perintah atau instruksi program. Arithmetic Logic Unit melakukan seluruh operasi aritmatika dengan dasar penjumlahan sehingga sirkuit elektronik yang dipakai disebut adder.

Cara Kerja Central Processing Unit

Cara kerja CPU pada komputer adalah ketika data atau instruksi dimasukkan ke processing-devices, pertama kalinya di ditaruh di MAA (melalui input-storage), jika dalam bentuk instruksi ditampung oleh Control Unit di Program-storage, tetapi jika dalam bentuk data ditampung pada (Working-storage). Apabila register telah siap menerima eksekusi, maka Control Unit akan mengambil instruksi dari Program-storage untuk ditampung pada Intstruction Register, sedangkan untuk alamat memori yang isinya instruksi tersebut ditampung pada Program Counter. Sedangan data diambil oleh Control Unit dari Working-storage untuk ditampung pada General-purpose register (di Operand-register). Apabila instruksi pengerjaan yang dilakukan merupakan arithmatika dan logika, maka ALU akan mengambil alih operasi untuk mengerjakan berdasarkan dari instruksi yang ditentukan. Kemudian hasilnya ditampung pada Akumulator. Jika hasil pengolahan sudah selesai, maka Control Unit akan melakukan pengambilan hasil pengolahan di Accumulator untuk ditampung lagi ke Working-storage. Apabila pengerjaan keseluruhan sudah selesai, maka Control Unit akan menjemput hasil dari pengolahan Working-Storageuntuk ditampung ke dalam Output-storage. Kemudian dari Output-storage, hasil pengolahan akan ditampilkan pada output-devices.

Fungsi Central Processing Unit

Jelaskan fungsi central processing unit? fungsi dari central processing unit adalah untuk melakukan operasi aritmatika dan logika terhadap data yang diambil dari informasi yang diberikan atau dari memori lewat beberapa perangkat keras. Central Processing Unit itu hampir sama seperti halnya kalkulator, hanya saja pada Central Processing Unit itu lebih kompleks dalam memproses instruksi instruksi yang diberikan. Kemudian instruksi-instruksi tersebut disimpan dulu pada RAM, setiap instruksi akan diberikan alamat yang unik yang disebut sebagai alamat memori. Kemudian, CPU bisa mengakses data-data pada RAM dengan menetapkan alamat data yang dipilih.

Itulah penjelasan yang dapat kami tuliskan tentang pengertian central processing unit. Semoga apa yang kami jelaskan di atas dalam blog temukan pengertian ini dapat menambah pengetahuan kita.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar