Skip to main content

Pengertian Newsgroup dan Fungsinya

Pengertian newsgroup dan fungsinya – Kemajuan teknologi yang kian makin pesat membuat manusia semakin mudah dalam berbagi informasi tanpa perlu bertatap muka, salah satunya dengan teknologi Newsgroup. Sampai saat ini newsgroup terus dikembangkan hingga merambah ke dunia media sosial seperti Twitter, Facebook, hingga Windows Messanger. Meskipun sistemnya berbeda-beda, tatapi biasanya fungsi newsgroup sama. Seperti apakah pengertian newsgroup? Ingin mempelajari lebih lanjut tentang apa yang dimaksud newsgroup? Kamu bisa menyimak penjelasan dari kami tentang pengertian dan fungsi newsgroup. Di sini selain membahas tentang definisi istilah newsgroup dan fungsi newsgroup, juga kami berikan penjelasan tambahan agar bisa menambah pemahaman kita tentang apa yang dimaksud dengan newsgroup. Penjelasan tambahan tersebut diantaranya yaitu: hirarki dalam newsgroup (jenis-jenis newsgroup), cara kerja newsgroup, sejarah newsgroup, dan perbedaan newsgroup dengan mailing list.
Pengertian Newsgroup dan Fungsinya

Pengertian Newsgroup

Jelaskan pengertian newsgroup? arti dari istilah newsgroup itu berasal dari kata news yang artinya berita dan group yang artinya kelompok. Jadi newsgroup artinya sebuah kelompok untuk berdiskuisi tentang suatu topik atau berita tertentu.

Pengertian Newsgroup adalah fasilitas untuk berdiskusi secara jarak jauh, dimana anda dapat memberikan pendapat dan tanggapan melalui Internet (kelompok diskusi di Internet). Hingga saat ini newsgroup terus dikembangkan hingga merambah ke dunia media sosial. Contoh Newsgroup yaitu: Melalui facebook, twitter, windows messenger atau yang lainnya kita dapat membuat group pertemanan dan saling bertukar informasi kepada semua anggota group tersebut.

News group merupakan sebuah tempat penyimpanan yang biasanya dipakai oleh usenet (sistem diskusi internet yang tersebar atau terdistribusi secara global). Usenet bisa dipakai oleh pengguna (user) untuk membaca dan mengirim pesan maupun artikel ke dalam satu kategori atau lebih yang disebut sebagai Newsgroup. Dalam berbagai hal, Newsgroup hampir seperti Bulletin Board System, yang juga termasuk cikal bakal forum di internet yang banyak ditemui sekarang ini. Untuk membaca pesan-pesan yang ada di dalamnya, newsgroup memerlukan software yang disebut sebagai newsreader. Protokol yang dipakai oleh Newsgroup yaitu Network New Transfer Protokol atau yang disingkat NNTP yang merupakan protokol untuk bertukar isi berita dalam jaringan usenet.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Fungsi Newsgroup

Pengertian Newsgroup dan Fungsinya

Jelaskan fungsi newsgroup? Secara umum fungsi dari newsgroup adalah untuk mewadahi orang-orang yang ingin berbagi informasi tentang berbagai macam hal yang diketahuinya dan juga orang-orang yang ingin berdiskusi tentang hal tersebut. Fungsi-fungsi newsgroup lainnya adalah sebagai berikut ini:
  • Untuk mengumpulkan orang-orang yang mempunyai minat yang sama untuk melakukan diskusi.
  • Sebagai media untuk berbagi pengetahuan mengenai berbagai macam hal yang positif untuk menambah wawasan.
  • Untuk memangkas kebutuhan tempat dan waktu yang digunakan untuk berdiskusi. Jadi setiap orang tidak harus berada di satu tempat yang sama dalam waktu yang bersamaan untuk saling berdiskusi atau berbagi informasi.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Hirarki dalam Newsgroup (Jenis-jenis Newsgroup)

Newsgroup mempunyai hirarki tersendiri dalam mengelompokkan berbagai tema sehingga dapat memudahkan penggunanya untuk mengatur info apa saja yang akan dibacanya dan yang akan di simpan. Hirarki yang ada pada Newsgroup jumlahnya cukup banyak, tetapi yang paling umum dikenal ada 8, yaitu:
Pengertian Newsgroup dan Fungsinya
  1. comp.* = untuk berdiskusi dengan topik yang berhubungan dengan komputer.
  2. news.* = untuk berdiskusi tentang usenet.
  3. sci.* = untuk berdiskusi tentang hal-hal ilmiah atau ilmu pengetahuan (science).
  4. rec.* = untuk berdiskusi tentang aktivitas yang berkaitan dengan rekreasi atau refreshing (contohnya hobi dan game).
  5. soc.* = untuk berdiskusi tentang topik sosial (misalnya sejarah dan sosiologi).
  6. talk.* = untuk berdiskusi tentang persoalan yang sering diperdebatkan (misalnya politik dan agama).
  7. misc.* = untuk berdiskusi tentang hal yang beraneka ragam, yang tidak ada dalam hirarki di atas.
  8. humanities.* = untuk berdiskusi tentang hal yang berhubungan dengan filsafat, literatur dan lain-lain.

Hirarki tersebut dikenal sebagai hirarki Usenet. Mulanya, hanya terdapat 7 hirarki yang disebut sebagai “Big Seven” yaitu seluruh hirarki yang ada di atas kecuali hirarki humanities.*. Tujuh hirarki tersebut dibentuk antara tahun 1986-1987, setelah semua topik sebelumnya digabungkan dalam hirarki (alt.). Tetapi seiring dengan perkembangannya, di tahun 1995, ditambahkanlah hirarki humanities.* sehingga yang semula “Big Seven” berubah “Big Eight”.

Selain 8 hirarki (Big Eight) newsgroup di atas, masih ada banyak hirarki lain yang bermunculan, namun penggunaannya memang tidak sebesar yang 8 hirarki. Hirarki lain tersebut diantaranya yaitu: cn.* (Newsgroup China), fr.* (Newsgroup Perancis), uk.* (Newsgroup United Kingdom), de.* (Newsgroup Jerman) dan lain lain.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Jelaskan Cara Kerja Newsgroup

Cara kerja newsgroup sekilas mamang agak mirip dengan forum diskusi, namun penggunaannya ditujukan secara khusus untuk para anggotanya atau para pelanggannya saja. Biasanya sebuah perusahaan atau instansi mempunyai sebuah server tersendiri yang digunakan secara khusus untuk menampung newsgroup mereka. Bisa juga menyewa server newsgroup yang dimiliki oleh perusahaan atau instansi lain, kemudian ada pula instansi atau perusahaan yang juga menyewakan newsgroup kepada user/ pengguna lain.
Pengertian Newsgroup dan Fungsinya
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Sejarah Newsgroup

Sejarah newsgroup, khususnya adalah tentang hirarki atau pengelompokan yang berawal ketika awal penggunaan newsgroup ini di seluruh berita masuk ke dalam sebuah hirarki yang disebut “net” yang berisikan berbagai jenis berita. Lalu sekitar tahun 1986-1987 terjadilah suatu penamaan dan pengelompokan secara mendetail untuk mempermudah dalam memilih jenis berita. Dalam sistem pengelompokan tersebut terciptalah 7 hirarki yang dikenal dengan nama “The Big 7” diantaranya yaitu: comp.*, news.*, sci.*, rec.*, soc.*, talk.*, dan misc.*.

The Big 7 ini dijalankan oleh sebuah komunitas atau kelompok yang bernama “Usenet”. Kemudian dalam perkembanganya ada berbagai topik seperti obat-obatan, resep yang ternyata tidak diperbolehkan untuk dimasukkan ke dalam kelompok “The Big 7”. Maka jalan untuk memecahkan masalah tersebut dibuatlah sebuah hirarki baru yang dinamakan “alt.*”.

Selanjutnya di tahun 1995, dibuatlah sebuah hirarki baru yang dinamakan “humanities.*” yang berisi tentang berita atau pembahasan tentang literatur, humaniora, filsafat dan lain-lain. Seiring dengan berkembangnya “humanities.*” yang semakin populer dan banyak digunakan. Maka akhirnya “humanities.*” dimasukkan dalam “The Big 7”, sehingga namanya diubah menjadi “The Big 8”.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Perbedaan Newsgroup dengan Mailing List

Meskipun newsgroup dan mailing list mempunyai fungsi yang relatif sama, tetapi ada beberapa perbedaan antara newsgroup dengan mailing list. Berikut ini adalah perbedaan newsgroup dengna mailing list:
  1. Keanggotaan, terdapat perbedaan dalam sistem keanggotaan newsgroup dengan mailing list. Pada mailing list pengguna harus mendaftar terlebih dahulu pada sebuah kelompok diskusi untuk dapat melihat dan mengikuti perkembangan obrolan. Sedangkan pada newsgroup pengguna tidak perlu mendaftarkan diri dan bisa langsung bergabung untuk melakukan diskusi.
  2. Akses informasi, cara mengakses informasi antara newsgroup dan mailing list itu berbeda. Jika pada mailing list, pengguna akan memperoleh email yang isinya tentang informasi yang dibagikan oleh salah satu anggota kelompok. Sedangkan untuk newsgroup, apabila pengguna ingin mengetahui tentang informasi tertentu, maka pengguna harus lebih proaktif untuk mencari newsgroup yang sesuai kebutuhannya.
  3. Update Berita Terbaru, Dalam sistem mailing list, anggota dari sebuah kelompok akan selalu memperoleh informasi terbaru dalam waktu yang seketika. Hal itu karena sistem pembagian informasi yang secara langsung dikirim sampai di inbox anggota mailing list. Lain halnya dengan newsgroup, apabila kurang aktif membuka newsgroup, dapat dipastikan akan ketinggalan informasi yang telah dibagikan pada saat tidak membuka newsgroup.
  4. Kapasitas penyimpanan, apabila sebuah mailing list mempunyai anggota yang sangat aktif, maka akan ada banyak informasi yang dibagikan yang dapat membuat kapasitas penyimpanan email cepat penuh. Belum lagi dengan adanya email spam atau informasi lain yang tidak begitu diperlukan oleh anggota mailing list. Berbeda dengan newsgroup yang tidak dalam bentuk email, sehingga akun email pengguna newsgroup tidak akan terbebani dengan informasi terbaru yang belum tentu sangat diperlukan.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Itulah penjelasan yang bisa kami tulis pada kesempatan kali ini yaitu tentang pengertian newsgroup dan fungsinya, juga tentang jenis-jenis newsgroup, cara kerja newsgroup, sejarah newsgroup, dan perbedaan newsgroup dengan mailing list. Semoga apa yang sudah kami jelaskan di atas dalam blog temukan pengertian ini bisa memberikan manfaat yang baik bagi kita serta dapat menambah pengetahuan kita.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar