Skip to main content

Pengertian Mailing List dan Fungsinya

Pengertian mailing list dan fungsinya – Kecanggihan dunia teknologi dan informasi memang banyak memberi manfaat bagi kehidupan manusia. Salah satu penemuan dalam bidang teknologi dan informasi yang memberi manfaat dalam hal komunikasi salah satunya yaitu penggunaan mailing list. Apa yang dimaksud dengan mailing list? Bisakah kamu menjelaskan apa itu mailing list? Untuk kamu yang belum tahu tentang pengertian istilah mailing list, kamu bisa mempelajari pengertian mailing list pada internet dalam artikel ini. Agar bisa lebih memahami definisi mailing list lebih rinci, maka pembahasan ini tidak hanya membahas tentang apa itu mailing list dan fungsinya saja. Tetapi ada pembahasan lain sebagai pelengkap yaitu pengertian mailing list menurut para ahli, bagaimana cara kerja mailing list, jenis mailing list, fungsi mailing list, kelebihan dan kekurangan mailing list, cara menggunakan mailing list dan contoh mailing list.
Pengertian Mailing List dan Fungsinya

Pengertian Mailing List

Mailing List adalah salah satu fasilitas grup yang dapat memungkinkan penggunanya untuk dapat saling bertukar informasi, berita, atau hal lain layaknya berdiskusi lewat internet. Mailing List juga sering disebut dengan milis, yaitu fasilitas untuk berdiskusi secara elektronik yang dilakukan sekelompok orang dengan menggunakan fasilitas e-mail (Pengelompokan alamat e-meil). Lebih jelasnya seperti ini: setiap pesan yang dikirimkan ke alamat sebuah milis, secara otomatis akan diteruskan ke alamat email seluruh anggotanya. Pengelompokan alamat e-mail maksudnya apabila suatu surat dikirimkan ke alamat ini, maka secara otomatis sistem akan mengirimkannya kepada alamat-alamat yang telah didaftarkan dalam database mesin tersebut, dengan adanya mailing list ini, apabila satu surat ingin dikirimkan ke beberapa orang, maka cukup dikirimkan ke mailing list. Metode pengiriman email juga dapat diset apakah setiap email yang dikirimkan oleh anggota dapat diterima atau cukup diterima sekaligus (digest).

Pada setiap mailing list setidaknya mempunyai satu orang bertindak sebagai moderator mailing list. Jumlah moderator ini bisa juga lebih dari satu orang. Jika seorang ingin bergabung dengan sebuah mailing list maka dia cukup mengirim email. Moderator tugasnya yaitu untuk mengontrol masuknya anggota baru dan memilah jika dalam diskusi ada diskusi yang tidak nyambung atau cenderung merugikan grup mailing list.

Pengertian Mailing List Menurut Para Ahli

  • Pengertian mailing list menurut Supriyanto (2009 : 7), bahwa mailing list adalah alamat email yang di dalamnya berisikan kumpulan alamat email anggotanya. Milist bisa digunakan sebagai sarana untuk berdiskusi di internet.
  • Pengertian mailing list menurut Shannon & Waever, menyatakan bahwa mailing list ialah bentuk interaksi yang saling pengaruh-mempengaruhi satu sama lain, baik itu sengaja atau tidak sengaja. Tidak sebatas pada bentuk mailing list menggunakan bahasa verbal, namun juga dalam bentuk muka, seni, lukisan dan teknologi.

Bagaimana Cara Kerja Mailing List

Cara kerja mailing list yaitu dengan memanfaatkan media email, sehingga sehingga setiap anggota mailing list harus mempunyai sebuah alamat email. Dari situlah nanti setiap anggota mailing list dapat bertanya sesuka hati di dalam mailing list dan lalu membroadcast kan kepada semua anggota yang ada di dalam grup lewat email, yang mana semu anggota grup tersebut memang mempunyai kepentingan dan kesukaan yang sama.

Nantinya anggota dari mailing list ini akan menerima pertanyaan lewat broadcast email tersebut dan selanjutnya membalasnya sesuai dengan yang mereka inginkan. Kemudian balasan tersebut juga bisa di broadcast kan kembali ke anggota grup yang lain.
Pengertian Mailing List dan Fungsinya

Supaya diskusi tersebut bisa berjalan lancar, pastinya diperlukan satu orang atau lebih sebagai moderator. Moderator sendiri mempunyai tugas untuk memonitoring segala bentuk aktivitas yang terjadi di dalam grup yang dilakukan oleh anggota grup. Sehingga pada saat ada anggota grup yang melanggar, maka tugas dari moderator yaitu menegurnya. Bahkan seorang moderator juga bisa mengeluarkan anggota grup yang melanggar aturan grup diskusi.

Jenis Mailing List

Ada 2 jenis mailing list berdasarkan topiknya yaitu sebagai berikut ini.
  1. Announcement-type list adalah proses komunikasi mailing list yang dilakukan hanya satu arah, maksudnya yaitu anggota pada mailing list tidak mempunyai otorisasi untuk membalas, jadi hanya dapat menerima pesan atau email saja dari milis.
  2. Discussion-type list adalah proses komunikasi mailing list yang dilakukan secara dua arah, jadi anggota mailing list dapat menerima dan mengirim pesan kepada sesama anggota mailing list.

Fungsi Mailing List

Fungsi mailing list adalah untuk media atau sarana dalam berkomunikasi, di mana beberapa orang penguna yang berada di dalamnya bisa saling bertukar dan berbagi informasi, berita dan melakukan komunikasi lain.

Dengan mailing list, pengguna tidak perlu bertemu dan bertatap muka secara langsung untuk berkomunikasi. Hal itu karena dengan adanya mailing list, dapat memungkinkan penggunanya untuk bisa berbagi informasi, berkomunikasi kapanpun dan dimanapun tanpa ada batasan jarak dan waktu. Dengan adanya mailing list, membuat komunikasi antar sesama anggota menjadi lebih mudah dan bisa mempercepat suatu pekerjaan.

Kelebihan dan Kekurangan Mailing List

Mailing list mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan, kelebihan dan kekurangan dari mailing list adalah sebagai berikut ini:

Kelebihan Mailing List
  • Anggota grup mailing list bisa mendapatkan informasi terbaru dari sesama anggota grup.
  • Mudah dalam memperoleh informasi-informasi.
  • Bisa menambah relasi.

Kekurangan Mailing List
  • Kurang praktis, karena penggunanya harus membuka email supaya pesan email yang masuk tidak menumpuk.
  • Sistem pengiriman balasan bisa memakan kuota space pada email yang cukup besar. Hal itu karena ketika mengirim pesan harus disertakan dengan kiriman yang terdahulu.

Cara Menggunakan Mailing List
Cara penggunaan mailing list adalah sebagai berikut ini:
  1. Kamu harus mendaftarkan diri pada grup yang kamu minati. Biasanya terdapat pada grup Google atau grup Yahoo.
  2. Ketika kamu mendaftar, kamu akan dimintai untuk mengisi database supaya seluruh informasi anggota grup bisa terangkum secara rapi.
  3. Sesudah terdaftar, barulah kamu dapat mengirimkan pesan ke mailing list apabila ada sesuatu yang akan kamu sampaikan. Setiap anggota mailing list bisa menulis apa saja yang ingin disampaikan asalkan informasi tersebut akurat dan terpercaya. Informasi tersebut juga dapat dibroadcast ke anggota yang lain.

Contoh Mailing List

Contoh layanan mailing list yang disediakan yahoo adalah Group Yahoo dengan alamat groups.yahoo.com. Untuk mengikuti mailing list ini dibutuhkan alamat email Yahoo. Selain itu contoh penyedia mailing list yang terkenal adalah Group Google dengan alamat groups.google.com. Untuk dapat mengikuti mailing list pada grup ini diperlukan alamat email google atau gmail.

Demikian pengertian mailing list dan fungsinya yang dapat kami samapikan pada postingan artikel kali ini. Semoga penjelasan yang kami tuis dalam blog temukan pengertian ini bisa bermanfaat bagi kita semua.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar