Skip to main content

Pengertian Fungsi dan Cara Kerja Gateway

Pengertian fungsi dan cara kerja gateway – Setiap komputer yang terhubung dengan komputer lain, baik itu dalam mengirim data maupun menerima data terlebih dahulu data tersebut melalui sebuah gateway. Dengan adanya gateway, beberapa jaringan komputer bisa dihubungkan menjadi satu sehingga jaringan komputer dapat menjadi semakin luas serta informasi dapat disebarkan lebih cepat. Karena digunakan sebagai penghubung jaringan komputer, maka gateway seirng disamakan dengan router. Padahal keduanya itu berbeda. Lalu apa itu gateway? Seperti apakah gateway itu? Bagi kamu yang bekerja di bidang jaringan komputer tentunya sudah tahu dengan apa yang dimaksud gateway pada jaringan komputer. Namun bagi kamu yang tidak membidangi hal tersebut, tentunya masih bingung dengan apa arti dari gateway. Untuk itulah pada pembahasan kali ini kami akan menjelaskan apa yang dimaksud dengan gateway. Pembahasan di sini mulai dari definisi gateway atau pengertian gateway dalam jaringan komputer, kemudian fungsi gateway dan cara kerja gateway hingga perbedaan gateway dengan router.

Pengertian Fungsi dan Cara Kerja Gateway

Pengertian Gateway

Pada dasarnya arti dari kata gateway adalah kata yang berasal dari kata gate dan kata way (dalam bahasa Inggris). Gate artinya pagar atau gerbang, sedangkan way artinya adalah sebuah jalan. Apabila diartikan dari frasa katanya , maka arti gateway adalah gerbang pembuka jalan.

Apabila dikaitkan dengan jaringan komputer, maka pengertian gateway adalah suatu perangkat yang digunakan sebagai media untuk menghubungkan satu jaringan komputer dengan satu/ lebih jaringan komputer lain yang menggunakan protokol komunikasi yang tidak sama. Sehingga informasi dari satu jaringan komputer bisa dibagikan/dishare ke jaringan komputer lain yang tidak sama protokolnya.

Atau dengan kata lain gateway adalah perangkat yang digunakan untuk saling menghubungkan antar jaringan komputer. Biasanya komputer satu dengan komputer lain menggunakan protokol komunikasi yang berbeda, sehingga membutuhkan gateway untuk bisa mengirimkan data ke komputer lain yang protokolnya berbeda.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Fungsi Gateway

Gateway mempunyai berbagai macam fungsi, Beberapa fungsi gateway adalah sebagai berikut ini:

1. Berfungsi sebagai protocol Converting

Gateway merupakan perangkat yang menjadi penghubung antar komputer dengan protokol yang berbeda. Apabila kedua komputer saling terhubung, maka fungsi gateway adalah untuk menyelaraskan kedua protokol yang berbeda. Sehingga dengan begitu kedua komputer bisa saling terhubung dan terkait. Jaringan gateway dapat dioperasikan di tiap tingkat yang terdapat pada model lapisan Open System Interconnection (OSI). Untuk melakukan konversi protokol, gateway mengkonfigurasikan dalam sebuah software.

2. Untuk mempermudah akses informasi

Setelah berhasil mengkonversi dan menyelaraskan protokol, maka fungsi gateway selanjutnya yaitu dapat memudahkan penggunanya mendapatkan akses terhadap informasi, sebab kedua komputer telah saling terhubung dan sudah siap untuk saling bertukar data dan informasi. Tentunya tanpa adanya gateway, pertukaran data antar komputer dengan protokol yang berbeda itu tidak akan mungkin bisa.

3. Untuk berbagi perangkat keras

Misalnya untuk printer server. Apabila dalam sebuah jaringan yang ada di kantor atau tempat lainnya, terdapat sebuah printer yang ingin digunakan secara bersama-sama, maka penerapannya bisa dengan menggunakan sistem gateway.

4. Untuk pengamanan dan pengaturan data

Dengan adanya gateway, maka sebuah perusahaan atau organisasi tertentu akan lebih mudah dalam mengintegrasi dan mengorganisasi data-data penting dalam perusahaan. Tentunya dalam sebuah perusahaan atau organisasi tertentu terdapat berbagai macam departemen yang bekerja secara terpisah. Untuk itulah gateway dibutuhkan untuk saling menghubungkan antar komputer sehingga setiap departemen bisa berbagi data dan informasi secara khusus untuk orang-orang yang berkepentingan saja. Biasanya dalam hal ini, terdapat satu adamin yang tugasnya untuk mengontrol pengaturan dan keamanan data-data tersebut.

5. Untuk menstabilkan dan meningkatkan performa komputasi

Dengan adanya jaringan yang dibentuk dengan gateway, apabila suatu saat ingin melakukan peningkatan performa komputasi, maka tugas-tugas komputasi bisa dibagi-bagi secara rata ke setiap komputer sehingga menjadi lebih stabil dan performanya pun menjadi meningkat.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Cara Kerja Gateway

Cara kerja gateway adalah seperti layaknya pintu untuk mencapai jaringan lain. Paling tidak setiap gerbang mempunyai 2 macam interface jaringan. Misal saja pada saat mengakses internet, sebuah alamat website bisa ditempuh apabila sudah melalui gateway yang sudah memberikan rute dan arah untuk suatu paket data bisa sampai pada tujuan.

Coba bayangkan misalkan ada perumahan kecil yang terletak di dalam satu kompleks perumahan yang lebih besar. Perumahan yang besar tersebut dikelilingi oleh jalan yang besar. Apabila diibaratkan seperti itu, maka jalan besar merupakan jaringan yang besar, yang mempunyai struktur yang berbeda dengan perumahan besar dan kecil.

Selanjutnya, apabila penghuni perumahan kecil ingin mencapai rumahnya, tentunya diperlukan pintu gerbang perumahan yang pastinya di bangun di dekat jalan yang besar. Biasanya jalan besar tidak berbatasan langsung dengan perumahan kecil, walaupun terhubung dengan perumahan besar. Nah gateway sendiri ibarat gerbang yang letaknya di pinggir jalan besar tersebut, dengan router yang ibarat jalan menuju rumah di perumahan kecil.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Perbedaan Gateway dengan Router

Pengertian Fungsi dan Cara Kerja Gateway

Terkadang gateway sering diidentikkan dengan yang namanya router, padahal keduanya mempunyai perbedaan yang berarti. Gateway adalah gerbang penghubung antar jaringan komputer yang merupakan perangkat yang digunakan untuk mengkonversi protokol antara tipe jaringan yang berbeda. Sedangkan router merupakan perangkat jaringan yang bertugas routing paket ke jaringan lain yang dapat menentukan route mana yang harus dilewati oleh paket data. Jadi router bertugas untuk mengirimkan paket-paket data dari satu jaringan ke jaringan yang lain dengan melakukan filtering terhadap paket-paket yang dikirim dengan protokol TCP/IP.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Itulah penjelasan yang dapat kami tulis tentang pengertian fungsi dan cara kerja gateway serta perbedaan gateway dengan router. Semoga penjelasan yang kami bagikan dalam postingan blog temukan pengertian di atas dapat bermanfaat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar