Skip to main content

Pengertian Hang Pada Komputer, Cara Mengatasi & Penyebabnya

Pengertian hang pada komputer – Diantara kamu yang sering mengutak-atik komputer tentunya sudah tidak asing lagi dnegan apa yang dimaksud komputer hang. Namun bagi kamu yang masih awam tentang komputer tentunya belum tahu dengan apa yang dimaksud komputer dalam kondisi hang. Mah untuk itulah pada pembahasan kali ini kami akan membahas tentang definisi hang pada komputer, agar kamu bisa tahu seperti apa itu hang komputer. Di sni selain kami jelaskan tentang pengertian hang pada sistem komputer, juga kami jelaskan tentang cara mengatasi komputer yang hang dan penyebab hang pada komputer.

Pengertian Hang Pada Komputer

Pengertian Hang Pada Komputer

Secara umum Pengertian 'hang' adalah no respond/ macet. Arti dari hang pada komputer maksdunya yaitu suatu sistem pada komputer yang tidak dapat merespon/ menanggapi segala perintah yang telah dimasukkan, hal ini tentunya dapat mengarah pada kerusakan komputer. Jadi hang pada komputer adalah komputer tidak akan dapat merespon segala perintah yang diberikan dari keyboard maupun mouse ketika komputer dalam kondisi hang.

Masalah hang yang paling sering terjadi contohnya yaitu semua jendela program diam tidak dapat beroperasi meskipun kursor mouse masih bergerak di layar, dan keyboard tidak bisa bekerja. Bisa juga kursor mouse terjebak dalam bentuk yang menunjukkan bahwa masih dalam keadaan proses loading yang lama. Untuk masalah seperti ini, sistem operasi terbaru sudah menyediakan fitur yang bisa dipergunakan untuk mengakhiri program yang hang tanpa perlu reset atau reboot maupun logout komputer.

Tetapi ada pula hang yang lebih parah yang dapat mempengaruhi seluruh sistem, sehingga bisa menyebabkan seluruh jendela program tidak merespon baik itu dari mouse maupun keyboard. Hampir satu-satunya cara yang bisa digunakan untuk memulihkan hang adalah dengan cara merestart atau melakukan reboot komputer dengan menekan tombol on/ off atau tombol restart. Umumnya hang pada sistem operasi Windows Vista dan Windows 7 diawali dengan layar biru (Blue Screen of Death) atau sebuah peringatan kepada pengguna.

Hang tidak hanya terjadi pada komputer pribadi saja, komputer server pun bisa mengalami hang. Dalam masalah tersebut, server berhenti untuk merespon permintaan. Biasanya hang pada komputer jenis ini ditangani melalui cara yang lebih kompleks daripada menggunakan tombol reset atau tombol on/ off.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Cara Mengatasi Komputer yang Hang

Apabila komputer hanya mengalami masalah hang yang ringan, maka biasanya bisa diatasi dengan cara yang cukup sederhana yaitu sebagai berikut.

  1. Tekan tombol CTRL + ALT + DEL, maka akan tampil jendela “Task Manager”.
  2. Selanjutnya pilih aplikasi yang mengalami “not responding”.
  3. Setelah itu pilh End Task.

Cara mengatasi komputer yang mengalami hang tersebut hanya bisa mengatasi komputer yang hang pada satu aplikasi dan msih bisa menggunakan keyboard, sedangkan apabila hal tersebut sudah tidak memungkinkan lagi, maka dapat menggunakan cara yang kedua yaitu dengan cara hard reset.

  1. Tekan tombol restart atau tekan tombol power.
  2. Tunggulah sampai komputer menyala lagi.

Cara seperti ini adalah cara hard reset yang dapat digunakan untuk mengatasi komputer yang tidak dapat digunakan untuk mengoperasikan baik itu dengan mouse maupun keyboard. Tetapi, apabila menggunakan kedua cara tersebut tidak berhasil dan masih mengalami hang, maka mungkin ada faktor lain yang menyebabkan hang seperti berikut ini.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Penyebab Hang Pada Komputer

Penyebab terjadinya hang pada komputer adalah sebagai berikut ini:

Komputer Hang Karena Software Rusak

  • Gangguan pada sistem operasi komputer
  • Cache registry yang tidak begitu banyak.
  • Spesifikasi software yang terlalu berat.
  • Missing files
  • Browser yang mengkonsumsi memori terlalu banyak.
  • Gangguan pada driver software
  • Virus
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Komputer Hang Karena Hardware Rusak

  • Processor bekerja terlalu berat
  • RAM mempunyai kapasitas yang terlalu kecil
  • Hardisk yang sudah terlalu penuh.
  • Bad sector pada hardisk.
  • Terjadi kerusakan pada VGA Card.
  • Terjadi kerusakan pada chipset
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Komputer Hang Karena Jaringan

  • DDOS (distributed denial of service)
  • Terjadi masalah pada hardware jaringan
  • Loading data ketika menggunakan koneksi internet melalui browser.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Itulah penjelasan yang bisa kami bagikan kepada teman-teman tentang pengertian hang pada komputer beserta dengan cara mengatasi komputer yang hang dan penyebab hang pada komputer. Semoga apa yang sudah kami bagikan dalam blog temukan pengertian ini dapat memberikan manfaat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar