Skip to main content

Pengertian WAP (Sejarah WAP, Kelebihan dan Kekurangan WAP)

Pengertian WAP – Mungkin teman-taman yang sudah berkecimung dalam dunia internet sudah tidak asing lagi dengan yang namanya WAP. Apa itu WAP internet? Bagi teman-teman yang mungkin masih belum tahu dengan apa yang dimaksud dengan WAP, maka teman-teman bisa menemukan jawaban tentang arti dari WAP di sini. Karena pada kesempatan ini kami akan membahas definisi WAP, kelebihan dan kekurangan WAP juga perbedaan WAP dan WEB. Oke langsung saja silahkan kamu simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian WAP

Pengertian WAP

WAP adalah singkatan dari Wireless Application Protocol. Lalu apa itu wireless application protocol? Pengertian wireless application protocol atau WAP adalah protokol yang digunakan pada handphone atau PDA untuk mengakses fasilitas WAP, mengakses Internet dengan format teks. Situs internet yang dapat diakses harus merupakan situs dengan fasilitas WAP.

Atau definisi wap yaitu sebuah protokol aplikasi yang dapat memungkinkan internet bisa diakses oleh ponsel dan perangkat wireless yang lain. WAP membawa informasi secara online melalui internet langsung menuju ke ponsel/ klien WAP lain. Dengan adanya WAP, maka berbagai macam informasi bisa kita akses setiap saat hanya dengan menggunakan sebuah ponsel.

Terdapat 3 bagian utama dalam akses WAP yaitu perangkat wireless yang mendukung WAP, WAP Gateway sebagai perantara dan server serbagai sumber dokumen. Dokumen yang berada pada web server bisa berupa dokumen WML maupun HTML. Untuk dokumen WML khusus ditampilkan melalui browser dari perangkat WAP. Sedangkan untuk HTML, yang semestinya ditampilkan melalui web browser, sebelum dibaca melalui WAP terlebih dahulu diterjemahkan oleh gateway supaya bisa menyesuaikan dengan perangkat WAP. Ketika ponsel ingin meminta sebuah informasi yang terdapat di server, terlebih dahulu ponsel harus melewati WAP gateway. Begitu pula sebaliknya. Proses pengiriman informasi dari ponsel ke Gateway atau sebaliknya menggunakan jaringan komunikasi wireless/ nirkabel.

Sebenarnya cara kerja WP itu hampir seperti cara kerja internet sekarang ini. Diperlukan WAP gateway untuk menjembatani ponsel dengan internet dalam mengirim dan menerima data. Hal tersebut seperti halnya dengan pengguna komputer yang memerlukan ISP sebagai gateway dalam menjembatanai antara komputer dengan internet.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Sejarah WAP

WAP dipublikasikan oleh WAP FORUM, yang pertama kali ditemukan oleh Ericsson di tahun 1997. Nokia, Motorola dan Unwired planet juga melakukan hal yang sama. Forum WAP mempunyai anggota lebih dari 90% pasar handphone, vendor ponsel, service provider, software developer serta organisasi yang lain. Forum WAP merupakan organisasi nirlaba yang mempunyai tujuan untuk menetapkan standar dalam memberikan layanan akses internet ke kelas konsumen melalui alat wireless. Standar ini membantu platform global untuk menciptakan jalur yang berbeda namun sejalan dengan internet. Diperkirakan perkembangan teknologi yang dilahirkan oleh WAP Forum akan semakin pesat, mengingat jumlah pengguna ponsel jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan pengguna komputer.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Kelebihan dan Kekurangan WAP

Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan wireless application protocol (WAP):

Kelebihan WAP

  • Tidak terdapat kepemilikan metode dalam mengakses internet dengan standar WAP baik pada isi maupun pada layanan.
  • Merupakan network yang independent hal itu karena WAP bekerja pada semua jaringan seluler yang ada, seperti CDMA, CDPD , GSM, PHS, PDC, TDMA, Iden, FLEX, ReFLEX, DECT, TETRA, Mebitex, Data TAC, dan jaringan seluler masa depan yang sekarang ini sedang dikembangkan seperti GPRS dan 3G.
  • Dengan menggunakan teknologi GPRS, perhitungan akses dihitung berdasarkan dari jumlah bit yang terkoneksi yang harganya Rp. 20 per kilo byte.
  • Metode WAP telah diadopsi hampir 95% produsen telepon seluler yang ada di dunia dalam pemanfaatan wireless internet access dan sedang diimplementasikan pada seluruh frekuensi.
  • WAP suatu standar protocol dan aplikasinya, yaitu WAP browser yang bisa digunakan di seluruh sistem operasi terkenal termasuk Windows SE, Java OS, Palm OS, EPOC, OS/9, FLEXOS dan lain sebagainya.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Kekurangan WAP

  • Konfigurasi telepon seluler untuk service WAP masih tergolong sulit.
  • Jumlah telepon seluler yang mendukung WAP terbilang sedikit.
  • Protokol yang lain seperti SIM Aplication Toolkit dan Mobile Station Aplication Execution Envirovment (MexE) secara luas didukung dan dirancang untuk bersaing dengan WAP.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Perbedaan WAP dan WEB

Ditinjau secara teknis tentunya ada berbagai perbedaan antara WAP dan WEB. Perbedaan-perbedaan tersebut terjadi karena sifat dasar dari keduanya yang memang beda, khususnya dalam hal konektivitas dan juga mobilitas pengguna. Perbedaan wap sama web yaitu jika WAP lebih ditujukan untuk pengguna yang mempunyai mobilitas tinggi atau untuk mereka yang sering berpindah tempat, sedangakan WEB ditujukan untuk mereka yang sedang diam. Karena itulah WAP menggunakan gelombang radio sebagai media dalam pertukaran data, sedangkan WEB menggunakan kabel. Untuk konektivitas modem ke jaringan telepon dalam WEB bersifat tetap/ permanent karena menggunakan kabel, sedangkan konektivitas antara satu perangkat terminal data (telepon genggam) dengan perangkat WAP Gateway dalam WAP menggunakan gelombang radio sehingga tidak bersifat permanent. Sehingga tidak heran jika konektivitas dalam WAP menjadi masalah yang cukup rumit untuk bisa diselesaikan.

WAP:

  • Menggunakan jaringan tanpa kabel atau radio.
  • Telepon genggam sebagai terminal data di sisi pengguna biasa dipakai dalam keadaan bergerak.
  • Telepon genggam mempunyai kapasitas memori yang sangat kecil.
  • Telepon mempunyai ukuran layar display yang sangat kecil.
  • Bahasa pemrograman menggunakan WML (Wireless Mark-up Language).

WEB:

  • Menggunakan jaringan kabel tetap.
  • Komputer sebagai terminal data di sisi pengguna biasa dipakai dalam keadaan diam.
  • Komputer mempunyai kapasitas memori yang sangat besar.
  • Komputer mempunyai ukuran layar display yang sangat besar.
  • Menggunakan bahasa pemrograman HTML (Hypertext Mark-up Language).
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Itulah penjelasan yang dapat kami berikan tentang pengertian wap. Semoga apa yang sudah kami bagikan dalam blog temukan pengeritan di atas dapat memberikan manfaat.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar