Pengertian Kritik dan Cara Mengkritik

Advertisement
Pengertian kritik dan cara mengkritik - Kita sering mendengar istilah kritik, bahkan kita pernah mendengar seseorang mengkritik sesuatu atau bahkan kita sendiri juga pernah mengkritik sesuatu. Nah tahukah kamu apa itu kritik? Seperti apa yang dimaksud kritik itu. Mungkin diantara kamu ada yang sudah tahu apa yang dimaksud dengan kritik namun ada juga yang belum tahu. Maka dari itulah di sini kami akan mengurikan penjelasan tentang definisi kritik. Dalam penjelasan tentang arti kritik ini juga kami jelaskan bagaimana cara mengkritik yang baik, sopan dan berkualitas. Selain itu juga kami berikan contoh kritik yang baik dan benar. Oke langsung saja silahkan disimak penjelasannya berikut ini baca sampai selesai ya. 
Pengertian Kritik dan Cara Mengkritik

Pengertian Kritik

Pengertian kritik adalah sebagai suatu kecaman atau celaan terhadap suatu perilaku, keadaan atau yang dianggap menyimpang seta tidak benar. Misalkan, keadaan jalan yang selalu mengalami kemacetan. Karena jalan macet kita mengkritiknya sebagai suatu kecaman atas tidak disiplinnya para pengguna jalan. Kritik bisa juga mempunyai makna pertimbangan tanggapan atau pertimbangan dari baik atau buruknya sebuah karya, sebagai contoh kritik terhadap cerpen, puisi atau sebuah pementasan drama. Biasanya kritik jenis ini disertai dengan adanya analisis dan kesimpulan. Tentunya dalam mengkritik sesuatu kita perlu mengetahui cara-cara mengkritik supaya kritik yang kita lakukan berkualitas dan tidak melenceng dari pembahasan serta tidak semata-mata karena kebencian. Untuk mengetahui bagaimana cara mengkritik yang baik, sopan dan berkualitas bisa dilihat pembahasannya sebagai berikut ini.

Cara mengkritik

Bagaimana cara menyampaikan kritik yang benar? Caranya adalah seperti ini:
  • Krtik yang disampaikan ialah kritik untuk memperbaiki perilaku atau pendapat seseorang bukan atas dasar kebincian terhadap orangnya.
  • Dalam kritik yang disempaikan sertakan alasan serta bukti-bukti yang kuat dan bisa meyakinkan sehingga orang tersebut menyadari akan kesalahannya.
  • Bicaralah secara efektif. Inti permasalahannya harus dapat ditangkap secara mudah oleh orang yang kita kritik.
  • Gunakan kata-kata yang tidak menyinggung perasaan orang yang kita kritik. Jadi pilihlah kata-kata yang sopan dan bijaksana namun tetap tidak mengurangi esensi kritik yang kita berikan.

Contoh Kritik yang Baik dan Benar

Di Jakarta, masalah kemacetan memang sudah berlangsung lama. Namun, upaya dari pemerintah untuk mengatasi hal itu, saya rasa tidak ada. Buktinya dari hari ke hari, keadaannya tetap saja begitu. Padahal, jika pemerintah benar-benar peduli akan hal tersebut bisa diatasi dengan bercermin pada pengalaman-pengalaman negara lain yang sudah berhasil mengatasi masalah seperti itu.

Bukti dari contoh tanggapan kritik tersebut dengan cara yang benar adalah sebagai berikut:
  • Masalahnya: Ketidak pedulian pemerintah dalam mengatasi kemacetan lalu lintas.
  • Alasannya: kemacetan sudah berlangsung lama, namun tidak ada upaya dari pemerintah untuk mengatasi hal itu
  • Solusinya: Pemerintah harus punya kepedulian terhadap masalah kemacetan dengan bercermin pada pengalaman negara lain yang telah berhasil mengatasinya.

Itulah pengertian kritik dan cara mengkritik yang baik dan benar. Semoga penjelasan yang telah kami berikan di blog temukan pengertian ini bisa membantu anda.
Advertisement
Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru