Pengertian Relief Bumi

Pengertian relief bumi - Apa itu relief bumi? Pernahkah kamu mendapatkan pertanyaan seperti ini saat di sekolah “jelaskan yang dimaksud relief bumi”? Jika pernah bisakah kamu menjawabnya, tahukah kamu jawaban dari apa yang dimaksud relief bumi? Jika kamu belum tahu maka kamu bisa menyimak apa yang kami sampaikan di sini yaitu tentang apa yang dimaksud dengan relief bumi. Seperti apakah definisi relief bumi, mari kita simak penjelasan arti relief bumi dalam artikel ini. Langsung saja berikut ini penjelasannya silahkan di baca sampai selesai agar bisa lebih memahaminya.
Pengertian Relief Bumi

Pengertian Relief Bumi

Relief bumi adalah sebuah perbandingan tinggi rendahnya permukaan bumi. Relief bumi dikelompokkan menjadi 2 yaitu relief daratan dan relief dasar laut. Untuk penjelasan tentang kedua relief tersebut silahkan simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Relief Daratan

Relief daratan ialah relief yang terdiri dari benua-benua (continets). Di permukaan bumi jumlah permukaan benua ada enam macam yaitu asia, australia, amerika, eropa, afrika, dan antartika. Relief permukaan terdiri dari relief makro dan relief mikro. Untuk penjelasan tentang reilef makro silahkan baca artikel tentang: Pengertian Relief Makro dan Bentuk Relief Makro. Kemudian untuk penjelasan tentang relief mmikro silahkan baca artikel tentang: Pengertian Relief Mikro dan Macam Relief Mikro.
Pengertian Relief Bumi

Pengertian Relief Dasar Laut

Relief Dasar Laut yaitu bentuk-bentuk dasar laut yang seperti di daratan. Mengenai Bentuk-bentuk tersebut, antara lain sebagai berikut.

Bentuk-bentuk relief dasar laut
  • Palung Laut (Trench)
  • Igir Tengah Samudra ( Mild Oceanic Ridge)
  • Gunung Laut ( Seamount)
  • Lantai Abisal (Abyssal Floor)
  • Lubuk Laut (Basin)
  • Jendal Laut
  • Dangkalan (Shelf)
  • Ambang Laut (Drempel)
Pengertian Relief Bumi

Demikianlah penjelasan dari kami tentang pengertian relief bumi. Semoga apa yang telah kami uraikan di atas dalam blog temukan pengertian ini bisa bermanfaat.

Artikel Terkait

Berlangganan Artikel Melalui Email!

Suka dengan artikel kami? Daftarkan email anda di sini untuk mendapatkan artikel terbaru