Skip to main content

Pengertian Sedimentasi dan Contoh Hasilnya

Pengertian sedimentasi dan contoh hasilnya - Apakah yang dimaksud sedimentasi dan hasil sedimentasi? Seperti apa itu sedimentasi dan hasil sedimentasi? Mungkin kalian pernah mendapatkan materi tentang apa yang dimaksud sedimentasi dalam pelajaran geografi, namun sekarang sudah lupa. Atau mungkin belum pernah dapat materi tentang sedimentasi namun ingin mengetahuinya. Nah pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang apa yang dimaksud dengan sedimentasi dan apa hasil dari sedimentasi tersebut. Langsung saja simak penjelasannya berikut ini adalah pengertian sedimentasi dan contoh hasil sedimentasi.
Pengertian Sedimentasi dan Contoh Hasilnya

Pengertian Sedimentasi

Sedimentasi disebut juga dengan pengendapan. Sedimentasi adalah sebuah proses penimbunan tempat-tempat yang lekuk dengan bahan-bahan hasil dari erosi yang terbawa oleh aliran air, angin dan juga gletser. Sedimen atau endapan yang terbentuk bisa dikelompokan menjadi sedimen klastika, sedimen kimia dan sedimen organik, itu semua tergantung dari jenis bahan hasil erosinya. Sedimentasi termasuk dalam sumber kekuatan tenaga eksogen yang terdiri dari pelapukan, erosi dan sedimentasi.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Hasil Sedimentasi

Yang merupakan hasil sedimentasi adalah sebagai berikut ini.
  • Flood Plain yaitu dataran banjir tepi-tepi sungai.
  • Delta yaitu endapan di muara sungai, yang bermuara ke laut maupun ke danau.
  • Tombolo yaitu tanggul pasir alami yang menghubungkan antara dataran dengan pulau yang ada di dekat pantai.
  • Tanggul Alam yaitu tumpukan sedimen yang ada di tepi sungai yang terbetuk oleh akibat dari banjir.
  • Bar yaitu gosong pasir yang letaknya ada di kelokan sungai.
  • Bukit pasir yaitu gundukan pasir yang terdapat di gurun atau pantai sebagai suatu hasil pengendapan material yang diangkut oleh angin.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Seperti itulah penjelasan yang dapat kami berikan tentang pengertian sedimentasi dan contoh hasilnya. Semoga apa yang telah kami jelaskan di blog temukan pengertian ini bisa menambah pengetahuan kita.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar