Skip to main content

Pengertian Fungsi dan Jenis Valuta Asing

Pengertian fungsi dan jenis valuta asing – Meskipun sering mendengar istilah Valuta Asing, namun diantara kita pasti masih ada yang belum tahu dengan apa itu valuta asing. Valuta asing (Valas) biasanya diperjual belikan di bank swasta nasional, bank swasta asing dan di money changer. Lalu apa yang dimaksud valuta asing? Nah bagi kamu yang belum tahu seperti apa definisi valuta asing. Maka pada postingan kali ini kami akan membahas tentang pengertian valuta asing yang mendefinisikan arti dari valuta asing, juga fungsi valuta asing dan jenis valuta asing. Silahkan simak penjelasannya sebagai berikut ini.
Pengertian Fungsi dan Jenis Valuta Asing

Pengertian Valuta Asing

Valuta asing disebut juga Valas. Pengertian valuta asing adalah mata uang yang bisa digunakan atau yang mudah diterima oleh banyak negara dalam dunia perdagangan Internasional. Sebagai contoh, turis asing atau wisatawan manca negara yang datang ke tempat-tempat pariwisata yang ada di Indonesia. Tentunya turis asing tersebut membutuhkan berbagai barang dan jasa ketika berada di Indonesia, misalnya membutuhkan tempat tinggal hotel, pemandu wisata, transportasi, hiburan dan lain-lain. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut pastinya para turis asing mengeluarkan uang untuk membayarnya, dan uang tersebut harus uang Indonesia. Begitu pula sebaliknya, apabila kita melakukan kunjungan atau berwisata ke luar negeri kita juga harus membayar dengan mata uang yang digunakan di negara tersebut.

Tetapi, dengan adanya valuta asing maka kita bisa memenuhi kebutuhan kita atau membeli barang di negara lain dengan menggunakan mata uang yang dapat diterima dalam perdagangan Internasional. Mata uang yang banyak diterima dalam perdaganan Internasional yaitu dollar. Mata uang dollar merupakan alat pembayaran Internasional. Valuta asing adalah bagian dari devisa, sedangkan devisa merupakan segala bentuk kekayaan sebuah negara di luar negeri yang dapat berupa barang atau jasa ataupun mata uang asing yang bisa digunakan sebagai alat pembayaran di luar negeri dan bisa diterima oleh dunia Internasional. Divisa yang berupa mata uang asing inilah yang disebut sebagai valuta asing. Valuta asing bisa diperjual belikan atau ditukar di perusahaan-perusaaan, atau di bank yang mendapatkan izin melakukan jual beli Valas (Valuta Asing). Perusahaan yang digunakan untuk melakukan jual beli valas disebut sebagai money changer.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Pengertian Valuta Asing Menurut Para Ahli

Pengertian valuta asing dari para ahli adalah sebagai berikut ini:
  • Pengertian valuta asing menurut Sawaldjo Puspopranoto, bahwa valuta asing ialah tempat di mana bermacam-macam uang asing dari berbagai macam negara diperjual belikan.
  • Pengertian valuta asing menurut Mandala Manurung, valuta asing yaitu pasar di mana mata uang asing diperjualbelikan.
  • Pengertian valuta asing menurut Heli Charisma Berlianta, bahwa valuta asing adalah sebagai mata uang yang keluar dan digunakan sebagai alat pembayaran yang sah di negara lain.
  • Pengertian valuta asing menurut Eng, Lees dan Mauer, menyatakan valuta asing aslah sebuah mata uang asing yang bertindak sebagai klaim keuangan atau aset pada sebuah perusahaan dalam bentuk mata uang asing.
  • Pengertian valuta asing menurut Hamdy Hadi, bahwa valuta asing adalah mata uang asing yang mempunyai fungsi sebagai alat pembayaran dalam membiayai setiap transaksi dalam bidang ekonomi keuangan internasional dan memiliki catatan kurs resmi atas bank sentral.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Fungsi Valuta Asing

Saat ini valuta asing bagi setiap negara mempunyai peranan yang sangat penting dalam melakukan hubungan Internasional, terutama hubungan perdagangan Internasional. Adapun fungsi valuta asing adalah sebagai berikut ini.
  • Sebagai alat tukar Internasional: Valuta asing bisa digunakan sebagai alat perantara untuk melakukan tukar-menukar barang atau jasa dengan negara lain. Sebagai contoh: apabila Indonesia mengimpor biji gandum yang berasal dari Amerika Serikat, maka pembayarannya tidak dengan menggunakan rupiah, tetapi menggunakan valuta asing (valas dollar Amerika Serikat).
  • Sebagai alat pemayaran Internasional: Apabila pemerintah memiliki hutang dari negara lain, maka untuk melakukan pembayaran cicilan hutang dan bunganya harus dengan valuta asing. Valuta asing dalam hal ini bisa dipergunakan sebagai alat pembayaran dengan negara lain.
  • Sebagai alat pengendali Kurs: Kurs adalah perbandingan nilai mata uang suatu negara terhadap mata uang negara lain, di mana kurs mata uang suatu negara dapat menguat maupun melemah. Valuta asing bisa digunakan sebagai alat untuk mengendalikan nilai/ kurs mata uang rupiah terhadap mata uang asing.
  • Sebagai alat untuk memperlancar perdagangan Internasional: Degnan adayavaluta asing maka akan memudahkan dan melancarkan suatu negara dalam melakukan perdagangan dengan negara lain. Jadi fungsi valuta asing yaitu sebagai alat tukar untuk mempermudah perdagangan Internasional. Apabila tidak ada valuta asing tentunya perdagangan antar negara akan menjadi lebih sulit, karena perdagangan hanya bisa dilakukan dengan cara barter (tukar menukar barang).
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Jenis Valuta Asing

Jenis valuta asing dapat dibagi dua yaitu:
  1. Valuta asing fisik
  2. Valuta asing fisik adalah uang asing yang berbentuk uang kartal baik itu dalam bentuk logam/ koin, uang kertas negara maupun uang kertas bank. Jadi jenis valuta asing ini sama dengan uang kartal dan bisa digunakan dalam perdagangan Internasional.
  3. Valuta asing non fisik
  4. Valuta asing non fisik adalah valuta asing dalam bentuk surat-surat berharga atau atau uang giral, seperti dalam bentuk cek, wesel, cheque, internasional money order, travelers dan lain-lain.

Jika di lihat dari bentuknya, jenis-jenis valuta asing yang umum diperjual belikan dapat dibedakan menjadi beberapa bagian sebagai berikut:
  • Mata uang asing yaitu mata uang Dollar Amerika Serikat, Euro Dollar, Dollar Canada, Yen Jepang, Frank Swiss, Deutch Mark Jerman dan lain-lain.
  • Saldo Kredit: Saldo kredit yang ada pada bank-bank devisa suatu negara di luar negeri.
  • Surat-surat Wesel Luar Negeri: Surat-surat wesel luar negeri ini bisa kita ketahui dengan cara seperti ini: ada seorang eksportir Indonesia yang menarik wesel atas Importir (dari negara lain).
  • Hak-hak penerimaan pembayaran: Hak-hak penerimaan pembayaran berasal dari penduduk negara dalam bentuk yang berbeda-beda dengan tingkat likuiditas yang tergolong tinggi.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Bagaimana sekarang sudah tahu kan tentang pengertian fungsi dan jenis valuta asing. Semoga apa yang sudah kami tulis dalam blog temukan pengertian di atas dapat bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar