Skip to main content

Pengertian Hidrologi dan Siklus Hidrologi - Macam Unsur & Proses

Pengertian hidrologi dan siklus hidrologi – Air merupakan jenis sumber daya alam yang penting di bumi. Tidak hanya untuk manusia saja, tetapi untuk semua makhluk hidup yang ada di bumi. Ketersediaan air di daratan bisa tetap terjaga karena adanya hujan. Hujan bisa tercipta itu karena adanya sebuah mekanisme alam yang secara siklus dan berlangsung terus menerus. Mekanisme alam yang mengatur penyebaran air di bumi inilah yang dikenal dengan siklus hidrologi. Apa itu siklus hidrologi? Jika belum tahu tentang apa yang dimaksud dengan siklus hidrologi kamu bisa menyimak pembahasan di sini. Karena di sini akan kami bahas mulai dari pengertian, macam-macam, unsur-unsur dan proses terjadinya serta manfaat siklus hidrologi.

Pengertian Hidrologi dan Siklus Hidrologi

Pengertian Hidrologi

Pengertian hidrologi secara umum adalah cabang ilmu geografi yang mempelajari tentang pergerakan, distribusi dan kualitas air yang ada di bumi. Lebih dalam lagi pengertian ilmu hidrologi adalah ilmu yang mengkaji kehadiaran dan pergerakan air yang ada dibumi. Di dalam kajian hidrologi itu meliputi air permukaan (pomatalog), air tanah (geohidrologi), air yang ada di udara dan berwujud gas (hidrometeorologi), air permukaan yang relatif tenang seperti waduk dan danau (limnologi), air berwujud padat seperti salju dan es (kriologi).

Jika di lihat dari asal katanya, pengertian dari kata hidrologi adalah berasal dari kata “Hidrologia” yang artinya adalah “ilmu air”. Orang yang mempelajari tentnag hidrologi disebut sebagai hidrologist.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Pengertian Hidrologi Menurut Para Ahli

Terdapat beberapa definisi hidrologi menurut para ahli, diantaranya yaitu sebagai berikut ini:

1. Pengertian Hidrologi Menurut Marta dan Adidarma (1983)

Hidrologi yaitu ilmu yang mempelajari terjadinya pergerakan dan distribusi air di bumi baik yang berada di atas maupun yang berada di bawah permukaan bumi, tentang sifat fisika dan kimia air dengan reaksi terhadap lingkungan dan hubungannya dengan kehidupan.

2. Pengertian Hidrologi Menurut Ray K. Linsley dalam Yandi Hermawan (1986)

Hidrologi ialah ilmu yang membicarakan mengenai air yang terdapat di bumi yaitu tentang kejadian, perputaran dan pembagiannya, sifat kimia dan fisika serta rekasinya terhadap lingkungan termasuk juga hubungannya dengan kehidupan.

3. Pengertian Hidrologi Menurut Singh (1992)

Bahwa hidrologi adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang karakteristik menurut ruang dan waktu tentang kuantitas dan kualitas air yang ada di bumi termasuk juga proses hidrologi, pergerakan, penyebaran, eksplorasi, sirkulasi tampungan, manajemen dan pengembangan.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Pengertian Siklus Hidrologi

Pengertian siklus hidrologi secara singkat adalah siklus air dari laut ke atmosfer kemudian ke bumi dan kembali lagi ke laut dan seterusnya. Pengertian siklus hidrologi dan gambarnya adalah sirkulasi air tanpa henti dari atmosfer menuju ke bumi dan kembali lagi ke atmosfer melalui beberapa proses diantaranya yaitu kondensasi, presipitasi, evaporasi, dan transpirasi.

Siklus hidrologi bisa juga berarti lebih sederhana yaitu peredaran air dari laut ke atmosfer melalui penguapan, lalu jatuh dalam bentuk hujan ke permukaan bumi, yang mengalir di dalam tanah dan di atas permukaan tanah sebagai sungai yang mengalir menuju ke laut.

Pemanasan air laut karena paparan sinar matahari adalah kunci sukses dari siklus hidrologi, sehingga bisa berjalan secara terus menerus. Air berevopolasi, lalu jatuh ke bumi sebagai prespitasi dalam bentuk kabut, grimis, hujan, salju, hujan es dan salju dan hujan batu.

Kemudian air hujan ini akan menyerap ke dalam tanah (infiltrasi dan perkolasi) atau mengalir menjadi air permukaan (run off). Air yang berada di permukaan dan sebagian yang berada di bawah permukaan, baik yang mengalir seperti sungai maupun yang tergenang seperti air rawa, waduk, danau. Air tersebut akan terkumpul dan mengalir yang akhirnya membentuk sungai yang mengalir menuju ke laut.

Melalui siklus hidrologi inilah, ketersediaan air di daratan bumi bisa tetap terjaga, selain itu siklus hidrologi juga berpengaruh terhadap teraturnya cuaca, suhu lingkungan, hujan dan juga keseimbangan ekosistem bumi.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Pengertian Siklus Hidrologi Menurut Para Ahli

Terdapat juga pengertian siklus air menurut para ahli, diantaranya yaitu:

1. Pengertian Siklus Hidrologi Menurut Soemarto (1987)

Siklus hidrologi adalah gerakan air laut menuju ke udara, yang selanjutnya jatuh ke permukaan tanah lagi sebagai hujan ataupun presipitasi lain, dan akhirnya mengalir kembali ke laut. Pemanasan air samudera oleh paparan sinar matahari adalah kunci dalam proses siklus hidrologi sehingga bisa berjalan secara kontinyu.

2. Pengertian Siklus Hidrologi Menurut Suyono (2006)

Bahwa siklus hidrologi yaitu air yang menguap ke udara dari permukaan tanah dan laut, yang berubah menjadi awan setelah melewati beberapa proses dan selanjutnya jatuh sebagai hujan atau salju ke permukaan daratan atau lautan.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Macam-macam Siklus Hidrologi

Jenis jenis siklus hidrologi dibedakan menjadi 3 jenis. Berikut ini kami tuliskan macam-macam siklus hidrologi berdasarkan jangka waktunya tersebut.

1. Siklus Hidrologi Pendek

Pengertian Hidrologi dan Siklus Hidrologi

Siklus hidrologi pendek adalah menguapnya air laut menjadi uap gas dikarenakan panas matahari kemudian terjadi kondensasi membentuk awan yang hingga akhirnya jatuh ke permukaan laut.

2. Siklus Hidrologi Sedang

Pengertian Hidrologi dan Siklus Hidrologi

Siklus hidrologi sedang adalah menguapnya air laut menjadi uap gas dikarenakan panas matahari kemudian terjadi evaporasi yang terbawa oleh angin, kemudian membentuk awan yang hingga akhirnya jatuh ke permukaan daratan dan kembali lagi ke lautan.

3. Siklus Hidrologi Panjang

Pengertian Hidrologi dan Siklus Hidrologi

Siklus hidrologi panjang adalah menguapnya air laut menjadi uap gas dikarenakan pans dari matahari kemudian uap air mengalami sublimasi yang membentuk awan mengandung kristal es dan hingga akhirnya jatuh dalam bentuk salju lalu akan membentuk gletser yang mencair membentuk aliran sungai dan kembali lagi ke laut.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Unsur unsur Dalam Siklus Hidrologi

Terdapat unsur unsur utama dalam siklus hidrologi. Nah berikut ini kami jelaskan unsur unsur utama dalam proses siklus air (hidrologi), diantaranya yaitu:

1. Presipitasi

Presipitasi adalah uap air yang jatuh ke permukaan bumi. Presipitasi sebagian besar terjadi sebagai hujan, tetapi ada juga presipitasi sebagai salju, hujan es (hail), menetes (fog drip), kabut, hujan es (sleet), dan graupel.

2. Canopy Intersepsi

Canopy intersepsi adalah suatu pengendapan yang dicegat oleh dedaunan tanaman yang akhirnya menguap kembali ke atmosfer daripada jatuh menuju ke tanah.

3. Pencairan Salju

Proses pencairan salju yaitu limpasan yang dihasilkan oleh salju mencair seperti gletser.

4. limpasan adalah

Limpasan adalah aliran air yang mengalir di atas permukaan tanah melalui parit, sungai, sampai menuju ke laut. Limpasan ini mencakup limpasan permukaan (surface runoff) dan limpasan saluran (channel runoff). Dikarenakan mengalir, air bisa merembes ke dalam tanah, menguap ke udara, menjadi di simpan di waduk atau danau, atau di ekstraksi untuk memenuhi kebutuhan manusia misalnya pertanian dan lain-lain.

5. Infiltrasi

Infiltrasi adalah air yang jatuh menuju ke permukaan tanah dan meresap ke dalam tanah.

6. Arus bawah Permukaan

Arus bawah permukaan adalah aliran air bawah tanah di zona Vadose dan akufer. Air bawah permukaan bisa kembali lagi ke permukaan, bisa juga akhirnya meresap ke dalam lautan.

7. Penguapan

Penguapan adalah proses perubahan air dari cair ke fase gas, pada saat bergerak dari tanah atau badan air ke atmosfer atasnya.

8. Sublimasi

Sublimasi adalah perubahan wujud yang secara langsung dari air padat (es atau salju), menjadi uap air.

9. Adveksi

Adveksi adalah gerakan air yang berwujud padat, cair ataupun uap melalui atmosfer. Tanpa adanya adveksi, air yang menguap dari lautan tidak dapat jatuh sebagai presipitasi di atas tanah.

10. Kondensasi

Kondensasi adalah sebuah proses perubahan wujud uap air menjadi titik-titik air sebagai dari hasil dari pendinginan.

11. Transpirasi

Transpirasi adalah evaporasi atau penguapan air yang terkandung di dalam tumbuhan.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Proses Terjadinya Siklus Hidrologi

Pengertian Hidrologi dan Siklus Hidrologi

Proses terjadinya siklus hidrologi secara singkat adalah sebagai berikut ini:

  • Air menguap dari lautan (Evaporasi) kemudian uap air terangkat ke atas (Konveksi).
  • Uap air mengalami penggumpalan dan menjadi awan.
  • Awan tertiup angin ke daerah pegunungan (adveksi).
  • Dalam perjalann, awan menyerap uap air yang asalnya dari perairan darat dan vegetasi (evapotranspirasi).
  • Di daerah tinggi terjadilah hujan (presipitasi).
  • Turunnya air di hulu sungai akan mengalir (run-off) sampai ke laut lagi, namun ada pula yang masuk ke tanah (infiltrasi) dan mengalir lewat bawah tanah dan keluar sebagai spring atau geyser (perkolasi).
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Manfaat Siklus Hidrologi

Apa manfaat adanya siklus hidrologi bagi makhluk hidup dan bagi lingkungan? Logikanya jika tidak ada siklus hidrologi maka bumi akan kekurangan air. Siklus hidrologi bermanfaat untuk memelihara kehidupan yang ada di bumi serta segala ekosistem yang terdapat di dalamnya. Dengan adanya siklus hidrologi maka dapat memurnikan kembali air yang ada di bumi, sehingga air tanah dapat terisi ulang dengan keadaan yang bersih. Dengan begitu maka kualitas air di muka bumi akan relatif tetap. Karena meskipun air digunakan secara terus menerus, air akan tetap mengalami siklus hidrologi. Inilah yang membuat jumlah air dari waktu ke waktu relatif tetapi. Tetapi, jumlah air yang tetap tidaklah berarti kualitasnya ikut tetap. Karena dalam siklus hidrologi, air pasti bersinggungan dengan lingkungan secara langsung. Seperti yang telah kita ketahui, bahwa kualitas lingkungan telah mengalami kemunduran dari tahun ke tahun, begitu juga dengan kualitas air. Kemudian manfaat lain dari siklus hidrologi yaitu dapat membantu pembentukan kembali fitur geologi bumi melalui proses erosi dan sedimentasi.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Demikian penjelasan tentang pengertian hidrologi dan siklus hidrologi beserta dengan macam-macamnya, unsur, proses dan manfaat siklus hidrologi. Semoga penjelasan yang telah kami tuliskan dalam blog temukan pengertian ini memberikan manfaat bagi kita.

Buka Komentar
Tutup Komentar