--> Skip to main content

Pengertian Marmer dan Manfaatnya (Ciri-ciri & jenis Marmer)

Pengertian marmer dan manfaatnya - Batuan yang terdapat di bumi ada banyak jenis-jenisnya. Batuan di bumi secara umum terbagi menjadi 3 macam, yaitu batuan baku, batuan sedimen dan batuan malihan (metamorf). Kemudian ketiga jenis batuan tersebut terdiri dari beberapa batuan lagi. Salah satu yang akan menjadi topik pembahasan di sini yaitu batu marmer yang merupakan batuan metamorf. Nah tahukah kamu apa itu batu marmer? Bagi teman-teman yang mungkin belum tahu seperti apa yang dimaksud dengan batu marmer. Maka teman-teman bisa menyimak pembahasan tentang arti marmer dan manfaatnya di sini. Di sini selain membahas tentnag pengertian batu marmer dan manfaatnya, juga kami tambahkan pembahasan tentang ciri ciri dan jenis marmer sebagai pengetahuan tambahan.

Pengertian Marmer dan Manfaatnya

Pengertian Marmer

Marmer adalah jenis batuan kristalan kasar yang berasal dari dolomit atau batu kapur. Marmer yang murni adalah berwarna putih terutama yang disusun oleh mineral kalasit. Atau pengertian batu marmer merupakan jenis batuan malihan (metamorf) yang terjadi karena diakibatkan proses metamorfosa batu gamping atau batu kapur. Dapat pula dikatakan bahwa pengertian batuan marmer merupakan batuan bernilai ekonomi tinggi yang terbentuk dari peralihan suhu dan tekanan yang bermacam-macam yang diberikan oleh alam dengan gaya endogen, sehingga menyebabkan batuan gamping menjadi rekristalisasi yang dapat membentuk berbagai foliasi atau non foliasi.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Manfaat Marmer

Manfaat marmer bagi kehidupan yaitu dapat digunakan sebagai perabotan di rumah, komponen-komponen dalam bangunan agar terlihat menarik dan elegan. Misalnya untuk lantai, kamar mandi, jendela, meja dan bangku. Selain itu marmer juga bisa digunakan sebagai bahan baku dalam pembuatan patung, piala, papan nama, prasasti, vandel dan lain sebagainya.

Alasan kenapa marmer dimanfaatkan atau digunakan sebagai batu penghias rumah adalah karena bbatu marmer memiliki tampilan yang sangat indah. Marmer memiliki pola atau corak tertentu dan memiliki beragam warna yang mengkombinasinya. Hal itulah yang membuat batu marmer terlihat indah dan cocok jika digunakan sebagai bahan untuk dekorasi sebuah bangunan. Selain itu batu marmer juga memiliki sifat yang tahan lama (awet) dan mudah untuk dipahat.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Ciri-ciri Marmer

Ciri ciri batu marmer diantaranya yaitu sebagai berikut ini:

  • Marmer memiliki struktur yang kompak.
  • Gugusan kristal yang terdapat pada marmer relatif sama dengan tekstur yang halus hingga agak kasar.
  • Marmer pada umumnya didominasi oleh mineral kalsit dengan kandungan mineral minor lain seperti chlorit, mika, kuarsa, tremoit, dan jenis silikat yang lain seperti hematit, limorit dan graphit.
  • Memiliki nilai komersil atau nilai ekonomi yang bergantung pada tekstur dan warna batu tersebut.
  • Marmer terpengaruh oleh porositas, kekuatan terhadap cuaca, dan kekuatan regangan.

Selain itu, ciri ciri dari batu marmer yaitu marmer dengan kualitas tinggi mempunyai warna putih yang sangat jernih, karnea kandugnan kalsitnya lebih dari 90%. Sedangkan marmer dengan warna abu-abu itu dihasilkan karena adanya kandugnan grafit pada batuan marmer tersebut. Untuk marmer dengan warna pink-merah itu akibat adanya kandunggan hematit. Kemudian kuning-krem merupakan pengaruh dari kandungan limonit yang terdapat pada batu tersebut. Tidak hanya itu saja, marmer juga dicirikan dengan gores arah lurus lapisan grapit atau silikat gelapnya. Berdasarkan dari besar butirnya, tekstur pada batuan marmer ini berkisar halus hingga kasar.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Jenis-jenis Marmer

Sebagai salah satu jenis batuan malihan (metamorf), batu marmer memiliki beberapa jenis. Biasanya jenis batu marmer dibedakan berdasarkan dari tekstur, warna dan komposisi mineral yang menyusun batuan tersebut. Adapun jenis jenis batu marmer diantaranya adalah sebagai berikut ini:

  • Statuary marble, adalah jenis batuan marmer berwarna putih bersih dan memiliki tekstur yang baik.
  • Ornamental marble, adalah jenis marmer yang mempunyai warna yang indah.
  • Architectural marble, adalah jenis batu marmer yang memiliki warna, tekstur, dan mutu serta kekuatan yang bagus.
  • Cipolin marble, adalah jenis batu marmer yang di dalamnya banyak mika dan talk.
  • Onyx marble, adalah jenis batuan marmer yang terlihat jernih dan terdiri atas material-material organik dan kalsit.
  • Breccia marble, adalah jenis batuan marmer yang memiliki tekstur yang kasar.
  • Ruin marble, adalah jenis marmer yang bertekstur halus dengan kristal yang tak teratur.
  • Carrara marble, adalah jenis marmer yang memiliki warna putih murni. Jenis batu ini biasanya digunakan sebagai bahan dasar pembuatan patung dan air mancur oleh bangsa Romawi dan Yunani.
  • Shell marble, adalah jenis batu marmer yang terdiri atas fosil-fosil.
  • Breksi adalah jenis batu marmer yang terbentuk karena bekas terjadinya longsoran tanah.
  • Limestone adalah jenis batuan marmer yang memiliki warna coklat atau beige. Batu marmer jenis ini dapat ditemukan di danau maupun bekas danau.
  • Marmer hijau adalah batuan pertama yang hanya sekedar terlihat seperti marmer tetapi bukan marmer asli.
  • Marmer budidaya, adalah jenis marmer yang dibuat manusia, yaitu dari kombinasi antara debu marmer dan semen.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Mungkin bagi kamu yang sedang membutuhkan marmer dengan kualitas tinggi, bisa mencarinya di Fagetti, karena fagetti sebagai supplier marmer utama di indonesia.

Demikianlah penjelasan yang dapat kami tuliskan tentang pengertian marmer dan manfaatnya beserta dengan hal yang berkaitan. Semoga apa yang telah kami tulis dalam blog temukan pengertian ini dapat memberikan manfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar