--> Skip to main content

Pengertian Dry Cleaning dan Prosesnya

Mungkin kamu sering mendengar istilah dry cleaning, tapi belum tahu apa itu dry cleaning. Nah, bagi kamu yang belum tahu seperti apakah yang dimaksud dry cleaning itu, maka di sini kamu bisa menyimak penjelasan tentang apa yang dimaksud dry cleaning (pengertian dry cleaning). Selain itu di sini juga akan kami jelaskan tentang bagaimana proses dry cleaning dilakukan dan apa saja jenis pakaian dry cleaning.

pengertian dry cleaning

Pengertian Dry Cleaning

Pengertian dry cleaning adalah proses mencuci pakaian secara kering bisa dibilang tanpa menggunakan air. Jadi secara sederhananya arti dry cleaning adalah cuci kering. Proses pencucian pakaian dry cleaning dilakukan menggunakan bahan kimia dengan teknik tertentu tanpa air dan dengan menggunakan alat khusus. Jadi tidak semua jasa penatu menawarkan jasa dry cleaning karena dry cleaning itu memerlukan mesin khusus.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Bagaimana Proses Dry Cleaning

Untuk usaha laundry yang ada di Indonesia sekarang ini, proses dry cleaning biasa dilakukan dengan 3 cara diantaranya yaitu:

  1. Menggunakan mesin pengering (tumble dryer)
  2. Menggunakan vertical steamer (hand steamer)
  3. Menggunakan mesin khusus dry cleaning.

Terdapat beberapa bahan kimia solvent yang sering digunakan untuk proses dry cleaning. Yang cukup terkenal di Indonesia salah satunya adalah solvent yang bernama perchloroethylene (PCE) atau Tetrachloroethylene. Tetapi di beberapa Negara, solvent lain seperti Hydrocarbon, Glycol ethers, Modified hydrocarbon blends, Liquid CO2, dan Liquid silicone D5 juga sering digunakan untuk proses dry cleaning. Penggunaan bahan-bahan tersebut biasanya disesuaikan tergantung dari mesin atau peralatan yang digunakan.

Proses pencucian dry cleaning, pertama yang dilakukan adalah membersihkan noda-noda yang terdapat pada pakaian, kemudian pakaian dimasukkan ke dalam mesin cuci dry clean. Selanjutnya, bahan perchloroethylene disemprotkan ke seluruh bagian pakaian yang ada di dalam mesin cuci.

Setelah pencucian menggunakan bahan perchloroethylene, proses akan berlanjut pada tahap post spotting. Pada proses ini cucian akan mendapatkan perhatian yang ekstra jika masih ditemukan noda. Biasanya akan dilakukan menggunakan kombinasi uap, penyedot hingga bahan kimia yang lainnya.

Untuk proses yang terakhir, cucian akan dilipat lalu dirapikan agar siap untuk diambil pemiliknya.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Jenis Pakaian Dry Cleaning

Hanya pakaian tertentu saja yang perlu atau bisa dilakukan pencucian pakaian dry cleaning. Untuk mengetahuinya kamu bisa cek terlebih dahulu label pada bagian belakang pakaianmu, kalau ternyata pada labelnya terdapat symbol dry clean only, itu artinya pakaian kamu akan tahan lama jika dicuci secara dry cleaning. Biasanya pakaian yang dianjurkan menggunakan dry cleaning adalah:

  • Kebaya
  • Jas
  • Gaun
  • Pakaian berbahan wol.

Lalu, bisakah mencuci sendiri pakaian yang ada labelnya “Dry Clean”?

Apabila pada label terdapat keterangan “dry clean” itu artinya produsen pakaian tersebut menyarankan melakukan pencucian dry cleaning untuk membersihkan pakaian. Tetapi bukan berarti dry clean adalah satu-satunya cara untuk mencuci pakaian tersebut.

Dalam hal ini kamu bisa mempertimbangkan penggunaan mesin cuci dengan putaran yang lembut (gentle cycle) ditambah dengan detergen. Tetapi perlu diingat adalah selalu berhati-hati dalam menangani bahan jenis pakaian yang berlabel "Dry Clean" karena bahannya yang lembut dan mudah rusak. Apabila ingin mencuci sendiri di rumah, berikut ini adalah beberapa cara mencuci pakaian yang berlabel “dry clean”

  • Cuci dengan air dingin dan detergen
  • Menggunakan putaran yang lembut (gentle cycle) pada mesin cuci
  • Masukkan pakaian ke dalam jaring cuci atau kantung untuk melindunginya supaya tidak tersangkut atau robek
  • Keringkan dengan cara dijemur agar pakaian tidak mengerut atau menyusut.

Apabila kamu tidak yakin mencuci sendiri pakaian yang berlabel “dry clean”, maka sebaiknya kamu bawa ke jasa dry clean untuk menghindari risiko kerusakan yang mungkin terjadi.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑
Baca juga arteikel tentang: Pengertian Laundry Kiloan dan Tips Laundry Kiloan

Itulah penjelasan singkat yang dapat kami tuliskan tentang pengertian dry cleaning dan prosesnya. Semoga penjelasan yang telah kami tulis dalam blog temukan pengertian ini dapat bermanfaat.

Newest Post
Buka Komentar
Tutup Komentar