Pengertian Operating System

Pengertian OperatingSystem  - Operating system/Sistem operasi adalah atau  Operating System/ Sistem operasi  yaitu atau Operating System/ Sistem operasi merupakan/ arti Operating System/ definisi Operating System
Operating System
 
Apa yang dimaksud sistem operasi itu ?
Sistem operasi merupakan kumpulan dari program yang bersama-sama mengontrol jalannya sistem komputer. System operasi mengontrol cara bagaimana sistem komputer itu akan berfungsi. Di mana dalam melakukan hal tersebut di dalam sistem operasi telah terdapat program untuk :
  • Menginstalisasi hardware dari sistem komputer
  • Menyediakan rutin / prosedur tertentu untuk pengontrolan piranti
  • Menyediakan manajemen, penjadwalan dan interaksi antar tugas / job
  • Menjaga integritas sistem da menangani kesalahan

Fungsi dasar sistem operasi
Pada dasarnya sistem komputer terdiri dari 4 komponen utama, yaitu hardware(perangkat keras), software(program aplikasi), sistem operasi & para pengguna. Operating System atau Sistem operasi bersungsi sebagai pengatur dan pengawas dalam penggunaan perangkat keras oleh berbagai program aplikasi serta para pengguna.
Lebih jelasnya yaitu sistem operasi yang membuat kondisi komputer supaya dapat menjalankan program secara baik dan benar. Selain itu dapat menghindarkan dari konflik yang terjadi pada saat pengguna menggunakan sumber daya yang sama, sistem operasi mengatur pengguna mana yang dapat mengakses suatu sumber daya. Satu lagi fungsi penting sistem operasi yaitu sebagai program pengendali sehingga sering di sebut dengan  resource allocator yang bertujuan untuk menghindari error (kekeliruan) dan penggunaan komputer yang tidak diperlukan. 
Contoh sistem Operasi yaitu: PC- DOS (Personal Computer Disk Operating System), MS- DOS (Microsoft Disk Operating System), Microsoft Windows (Windows 3.0, Windows 3.1, Windows 95, Windows 98, Windows 2000, Windows ME, Windows Vista, Windows Xp, Windows 7 dan Windows 8)
, Linux, Unix,   MAC OS (Macintosh Operating Sistem), IBM OS/2, Free BSD, Chrome OS, Solaris dan lain-lain.
Demikian pengertian Operating System yang dapat saya sampaikan pada artikel ini semoga dapat membantu anda. Terimakasih  atas kunjungannya di blog Temukan Pengertian.

Artikel Terkait