--> Skip to main content
Menu

Pengertian RAM Radom Access Memory (Struktur Fungsi & Jenis)

Pengertian RAM (Random Access Memory) - Selain ROM peralatan proses pada CPU terdapat juga RAM (Random Access Memory). Sudah tahukah kamu apa yang dimaksud dengan Random Access Memory (RAM)? Mungkin masih banyak pengguna komputer yang belum mengetahui apa itu Random Access Memory (RAM). Padalah pengetahuan tentang apa yang dimaksud dengan RAM itu sangatlah penting terkait dengan kinerja sebuah komputer. Apalagi kalau kamua adalah seorang teknisi komputer yang sering berurusan dengan komputer, tentunya kamu wajib tahu tentang seluk beluk RAM agar menjadi seorang teknisi komputer yang mumpuni. Nah agar kamu bisa paham seperti apakah yang dimaksud dengan Random Access Memory (RAM), maka kali ini kami akan menjelaskan tentang definisi Random Access Memory atau arti Random Access Memory. Tak hanya itu uraian tentang materi RAM komputer ini juga kami sertakan struktur RAM dan fungsinya, fungsi RAM komputer, jenis jenis RAM komputer.

Pengertian RAM (Random Access Memory)

Pengertian RAM (Radom Access Memory)

RAM merupakan singkatan dari Random Access Memory. Pengertian RAM pada prinsipnya bisa ditinjau dari beberapa segi, diantaranya yaitu segi input area, program area, working area, dan ouput area. Apabila dilihat dari segi input area, RAM bisa didefinisikan sebagai media penyimpanan data input yang akan diproses. Lalu, apabila ditinjau dari segi program area, RAM bisa diartikan sebagai media untuk penyimpanan program yang digunakan untuk mengolah data. Selanjutnya jika ditinjau dari segi working area, RAM bisa didefinisikan sebagai media penyimpanan proses pengolahan data yang akan dikerjakan. Dan apabila ditinjau dari output area, RAM yaitu media penyimpanan untuk semua hasil pengolahan data. Sehingga bisa disimpulkan kalau Pengertian RAM adalah media yang digunakan untuk menyimpan data dan perintah dari suatu program komputer. RAM adalah memori yang dapat diisi dengan program dan data selama aliran listrik hidup. Bila aliran listrik padam maka terhapus pula seluruh isinya. Misalnya anda telah mengetik kurang lebih sepanjang ¾ layar, kemudian aliran listrik padam padahal anda belum melakukan penyimpanan maka hilanglah seluruh data yang ditik tersebut.

Pada RAM semua data dan perintah ditampung secara temporer, tergantung dengan data yang diproses. Pada saat RAM dicabut dari Mainboard dan saat daya atau listrik mati maka semua data dan perintah yang ada di dalamnya akan lenyap/ hilang secara permanen. Ada bermacam-macam kapasitas RAM yang dapat digunakan untuk komputer, kapasitas RAM sangatlah penting karena menentukan seberapa banyak data yang bisa diproses dalam waktu yang sama dan seberapa besar program yang bisa menempatinya. Pada umumnya RAM yang digunakan berkapasitas mulai 123MB, 256MB, 512MB, 1GB bahkan ada yang sampai 4GB, tergangung kebutuhan penggunanya. Yang bertugas membagi RAM supaya dapat menjalankan program dengan baik adalah Sistem Operasi.

Struktur RAM dan Fungsinya

Struktur RAM terbagi menjadi empat bagian utama yaitu sebagai berikut ini.

1. Input Storage

Fungsi input storage pada RAM yaitu untuk menampung masukan atau input yang dimasukkan dari alat input.

2. Program Storage

Fungsi dari program storage adalah sebagai penyimpanan instruksi program yang akan diakses.

3. Working Storage

Fungsi working storage pada RAM adalah untuk menyimpan data yang akan diolah dan hasil dari pengolahan.

4. Output Storage

Fungsi output storage yaitu untuk menampung hasil akhir dari data yang akan ditampilkan ke perangkat output.

Fungsi RAM Komputer

Dari pengertian diatas bisa tergambar fungsi RAM. Fungsi RAM adalah sebagai komponen penyimpanan program sementara atau dengan kata lain data yang diakses pada saat komputer beroperasi/ aktif. Sebetulnya seperti yang telah diketahui bahwa prosesor itu mempunyai kpasitas kecil (terbatas) dalam penyimpanan data dan perintah yang ada pada register. Jadi semua informasi yang digunakan untuk menjalankan program tidak dapat disimpan, apalagi kalau berukuran besar. Oleh sebab itu, proses butuh didampingi komponen dengan kapasitas besar, yang bisa menyimpan data dan perintah yang ukurannya besar. Itulah fungsi RAM yang merupakan komponen penting dalam sebuah komputer atau PC.

Jenis-Jenis RAM Komputer

Jenis-jenis RAM dikelompokan menjadi 2 macam yaitu RAM berbasis card dan RAM berbasis chip. Di bawah ini adalah penjelasan selengkapnya tentang jenis-jenis RAM tersebut.

RAM berbasis card

1. Extended Data Output RAM (EDO RAM)

EDO RAM merupakan jenis RAM yang dipakai untuk prosesor pentium edisi pertama. Kapasitas yang dimiliki EDO RAM 8 Mb hingga 16 Mb, dengan standar PC 66/1 00. Kemasan yang digunakan yaitu SIMM (Single-in-line memory module) dengan penyemat memory berjumlah 72 pin.

2. Synchronous Dynamic RAM (SD RAM)

SD RAM merupakan RAM yang digunakan untuk generasi Pentium 1, 2 dan 3. Bus memory ini kecepatannya kurang lebih frekwensi 66 Mhz hingga 133 Mhz, atau disebut juga memory PC 66/ PC 100/ PC 133. Kemasan yang digunakan yaitu DIMM (dual in-line memory module), penyemat memory berjumlah 168 pin.

3. Double Data Rate RAM (DDR RAM)

DDR RAM digunakan untuk generasi Pentium 4. DDR RAM (DDR 400) merupakan memori yang mempunyai banyak tipe dan biasanya dirancang dan dikelompokkan berdasarkan bandwidth pada saat beroperasi. Selain hal itu dipengaruhi besarnya clock yang diberikan memory. Terdapat tipe-tipe yang dipakai yaitu PC 1600/ PC 2100/ PC 2700/  PC 3200 dengan clock yang ditawarkan 400 Mhz. Kemasan yang dipakai yaitu DIMM (dual in-line memory module), dengan penyemat memory berjumlah 184 Pin.

4. DDR dual channel RAM

Memory jenis ini tidak sama pemasangannya dengan DDR biasa atau SDRAM. DDR dual channel merupakan teknologi yang sama dengan memory rambus dynamic RAM (RD RAM), yang membutuhkan sistem dual chanel, yaitu keharusan memasang 2 keping modul memory dengan kapasitas dan kecepatan yang sama sebagai pendukung kinerja motherboard. Selain itu, untuk pengguna memory RDRAM harus ada tambahan memory terminator 2 pasang sebagai pendukung memory standar PC 2700/ PC 3200/ PC 4000, dengan clock yag ditawarkan 500 hingga 800 Mhz.

5. Twister DDR dual channel RAM

Jenis memory Twister DDR dual chanel RAM (TwinX/ Twinmatch atau kode CMX) ini merupakan memory yang bisa dipakai pada dual chanel mainboard.

6. SODIMM RAM

SODIMM RAM merupakan memory yang dapat dipakai untuk kelas server maupun notebook.

RAM berbasis chip

1. Static RAM (SRAM)

Sifat jenis RAM statis bersifat semivolatile. Digunakan dalam kecepatan proses untuk membantu komputer dan tidak membutuhkan operasi daya refresh. Memory jenis ini proses pembuatannya memakai teknologi CMOS.

2. Dynamic RAM (DRAM)

Sifat jenis RAM dinamik ini bersifat volatile. Digunakan untuk membantu komputer dalam kecepatan proses dan dalam operasinya membutuhkan arus daya listrik terus-menerus, sehingga memerlukan refrash. Dalam proses pembuatannya menggunakan teknologi double diffuse MOS (DMOS).

3. Non-Volatile RAM (NVRAM)

Merupakan jenis SRAM yang mempunyai catu daya listrik sendiri, yaitu dari baterai mini, sehingga bisa menyimpan daya meskipun komputer telah dimatikan. Mempunyai fungsi untuk menyimpan waktu, jam, kalender, konfigurasi komputer, dan program setup.

4. Ferro Electric RAM (FRAM)

Merupakan jenis SRAM yang tidak membutuhkan catu daya listrik atau baterai mini karena sudah memakai daya medan magnet.

Demikian Pengertian RAM (RAndom Acces Memory) yang dapat saya sampaiakan pada aritikel ini semoga dapat menambah wawasan anda. Terimkasih atas kunjungannya di blog Temukan Pengertian.