Pengertian citra digital

Pengertian citra digital - citra digital adalah/ citra digital yaitu/ citra digital merupakan/ yang dimaksud citra digital/ arti citra digital/ definisi citra digital.
citra digital adalah

Citra digital adalah gambar dua dimensi yang bisa ditampilkan pada layar komputer sebagai himpunan/ diskrit nilai digital yang disebut pixel/ picture elements. Dalam tinjauan matematis, citra merupakan fungsi kontinu dari intensitas cahaya pada bidang dua dimensi.

Citra digital adalah citra f(x,y) dimana dilakukan diskritisasi koordinat sampling/ spasial dan diskritisasi tingkat kwantisasi (kabuan/ kecemerlangannya). Citra digital merupakan fungsi intensitas cahaya f(x,y), dimana harga x dan harga y adalah koordinat spasial. Harga fungsi tersebut di setiap titik (x,y) merupakan tingkat kecemerlangan citra pada titik tersebut.
Citra digital merupakan suatu matriks dimana indeks baris dan kolomnya menyatakan suatu titik pada citra tersebut dan elemen matriksnya (yang disebut sebagai elemen gambar/ pixel/ piksel/ pels/ picture element) menyatakan tingkat keabuan pada titik tersebut.
FORMAT CITRA DIGITAL.
Matrik yang dinyatakan Citra digital yaitu dengan matriks berukuran N (baris/tinggi)  x M (kolom/lebar).

N = jumlah baris 0 = y = N – 1.
M = jumlah kolom 0 = x = M – 1.
L = maksimal warna intensitas 0 = f(x,y) = L – 1.
(gray level/ derajat keabuan)
citra digital

Itulah sedikit penjelasan tentang Pengertian citra digital.

Artikel Terkait