Pengertian Globalisasi

Pengertian GlobalisasiGlobalisasi adalah/ Globalisasi yaitu/ Globalisasi merupakan/ yang dimaksud Globalisasi/ arti Globalisasi/ definisi Globalisasi.
Globalisasi yaitu

Globalisasi adalah proses terbentuknya sebuah sistem organisasi dan sistem komunikasi antara masyarakat di seluruh dunia untuk mengikuti sistem dan kaidah yang sama. Menurut Michael Haralambos dan Marin Holbon, globalisasi adalah suatu proses yang di dalamnya batas-batas negara luluh dan tidak penting lagi dalam kehidupan sosial. Arus globalisasi telah membuat dunia menjadi seperti satu kesatuan tanpa batas yang pasti. Derasnya arus komunikasi dan informasi mempercepat masuknya unsur-unsur budaya asing yang dapat memperkaya kebudayaan Indonesia.
Adapun arti dari istilah "globalisasi" berasal dari kata global, yang berarti universal. Globalisasi sendri belum memiliki definisi yang mapan, kecuali sekadar definisi kerja sehingga tergantung dari sisi mana orang melihatnya. Ada yang memandangnya sebagai suatu proses sosial, proses sejarah, atau proses alamiah yang akan membawa seluruh bangsa dan negara di dunia semakin terikat satu sama lain guna mewujudkan satu tatanan kehidupan baru atau kesatuan dengan menyingkirkan batas-batas geografis, ekonomi, dan budaya masyarakat. Globalisasi pada hakikatnya merupakan sebuah proses yang ditimbulkan oleh suatu kegiatan yang dampaknya berkelanjutan melampaui batas-batas kebangsaan dan kenegaraan. Mengingat bahwa dunia ditandai oleh kemajemukan (pluralitas) budaya, maka globalisasi sebagai proses juga ditandai sebagai suatu peristiwa yang terjadi di seluruh dunia secara lintas budaya yang sekaligus mewujudkan proses saling memengaruhi antarbudaya.
Itulah yang dimaksud Globalisasi, semoga penjelasan tentang globalisasi tersebut bisa beramanfaat.

Artikel Terkait