Pengertian Mikroskop Cahaya: Apa itu Mikroskop Cahaya?

Tahukah kamu apa yang dimaksud Mikroskop Cahaya? Bagi yang belum tahu akan kami jelaskan dalam artikel ini. Mikroskop cahaya adalah jenis mikroskop yang sumber pembentukan bayangannya menggunakan cahaya. Yang menjadi awal dari penemuan mikroskop adalah mikroskop jenis cahaya ini. Di sekolah-sekolah biasanya mikroskop yang digunakan adalah mikroskop cahaya. Terdapat 3 macam lensa pada mikroskop cahaya yaitu lensa objektif, lensa okuler, dan lensa kondensor. Lensa okuler adalah lensa yang dekat dengan mata (tempat mengintip) sedangkan Lensa objektif adalah lensa yang dekat dengan objek. Letak lensa okuler dan objektif bisa terlihat pada kedua ujung tabung mikroskop. Fungsi lensa kondessor yaitu sebagai penerang objek dan lensa-lensa lain pada mikroskop ini. Melalui pengaturan yang tepat maka akan didapat daya pisah yang maksimal. Mikroskop cahaya ini bisa dipakai untuk mengamati objek priparat awetan atau objek segar (preparat basah).
Pengertian Mikroskop Cahaya: Apa itu Mikroskop Cahaya?

Cara Kerja Mikroskop Cahaya

Bagaimanakah cara kerja mikroskop cahaya? Cara kerja mikroskop cahaya yaitu dengan cara memusatkan berkas sinar yang kelihatan oleh mata untuk membentuk bayangan objek yang diperbesar. Sumber cahaya bisa bersumber dari cahaya matahari bisa juga dari cahaya lampu listrik. Maksimum pembesaran yang dimiliki mikroskop cahaya yaitu 1000 kali. Yang menjadi kekuatan pembesaran dalam mikroskop cahaya yaitu perkalian kekuatan lensa-lensa yang menjadi penyusunnya, yaitu lensa okuler dan lensa objektif.

Mikroskop Cahaya Monokuler dan Binokuler

Jenis Mikroskop Cahaya dibagi menjadi 2 macam yaitu mikroskop monokuler dan binokuler. Apa perbedaan dari kedua mikroskop tersebut?. Inilah perbedaan kedua mikroskop tersebut.
Mikroskop monokuler adalah mikroskop yang hanya mempunyai lensa okuler. Mikroskop monokuler ini hanya dipakai dengan satu mata sehingga bayangan yang tampak hanya mengenai lebar dan panjang benda, hanya sedikit yang memberikan gambaran tentang tingginya benda. Objek yang diamati menggunakan mikroskop monokuler umumnya harus mempunyai ukuran yang tipis dan kecil sehingga bisa tembus cahaya.
Mikroskop binokular adalah mikroskop yang mempunyai 2 lensa okuler untuk dipakai oleh mata kanan dan mata kiri secara bersama-sama.  Kelebihan dari mikroskop binokuler yaitu objek yang diamati bisa terlihat jelas karena mengamatinya bisa dengan 2 mata.
Itulah penjelasan tentang Pengertian Mikroskop Cahaya: Apa itu Mikroskop Cahaya?, semoga bisa memberikan manfaat.

Artikel Terkait