Pengertian Stoplasma dan Fungsinya

Pengertian Stoplasma dan Fungsinya - Apa yang dimaksud sitoplasma? Nah kali ini kami akan menguraikan secara rinci tentang apa itu sitoplasma. Sitoplasma adalah materi jernih yang letaknya ada di dalam membran plasma. Dilihat dengan mikroskop cahaya, sitoplasma akan terlihat sebagai massa yang homogen dan jernih dengan di dalamnya terdapat partikel-partikel refraktil sehingga terlihat sebagai butir-butir dalam sel. Sitoplasma secara sekilas tampak seperti 2 bagian. Bagian pertama disebut ektoplasma yaitu bagian luar dekat membran plasma yang mempunyai butir-butir lebih banyak. Bagian ke dua, endoplasma yaitu bagian yang ada di tengah dengan sedikit butir-butir.
Pengertian Stoplasma dan Fungsinya

Fungsi Sitoplasma
Di sitoplasma lah fungsi utama kehidupan berlangsung. Hampir seluruh aktivitas metabolisme berlangsung di dalam ruangan yang berisi cairan kental ini. Sitoplasma meempunyai kandungan kimia yang terdapat di dalamnya yaitu 75 % air, enzim dan protein. Yang membuat sitoplasma kental dan lengket seperti gatelin ialah protein dan enzim.
Di dalam sitoplasma selain terkandung air dan protein juga terdapat sejumlah molekul nonprotein. Peran dari molekul nonprotein ini yaitu berperan dalam berbagai reaksi kimia seperti hidrolisis, glikolisis, dan biosintesis. Jenis ion beberapa juga ditemukan terlarut dalam sitoplasma. Di dalam sitoplasma juga terdapat organel dan inti sel.
Sifat Sitoplasma
Sitoplasma merupakan zat yang sifatnya koloid. Partikel yang terlarut ukurannya yaitu 0,001 – 0,1 mikron. Sifat koloid diantaranya yaitu sebagai berikut ini:
  • Terjadi gerak rotasi, yaitu gerakan plasma yang memutari/ melingkari vakuola.
  • Terjadi elektroforesis yaitu kemampuan molekul menghantarkan arus listirk.
  • Terjadi efek Tyndall yaitu kemampuan molekul memantulkan cahaya.
  • Terjadi sikosis, yaitu gerak yang berupa arus melingkar. Terjadinya sikosis ini yaitu ketika koloid ada dalam fase sol/ fase banyak mengandung air.
  • Terjadi gerak brown yaitu berupa gerak zig-zag, gerak acak dan tak teratur sebab molekul yang ada di dalam koloid saling bertabrakan.

Sifat sitoplasma yaitu transparan. Sitoplasma berisi sitosol yaitu cairan seperti gel. Sitoplasma tersusun oleh jaringan sitoskeleteon. Jaringan sitoskeleteon yaitu jaringan yang bentuk strukturnya seperti serabut dan benang yang saling berhubungan. Fungsi dari janringan sitoskeleteon yaitu sebagai kerangka sel.
Disimpulkan dari hasil penelitian para ahli bahwa sitoplasma mempunyai sifat-sifat fisiologis yang khas yang berkaitan dengan fungsi sel:
  • Konduktivitas dan Iritabilitas
  • Respirasi
  • Pembelahan dan Pertumbuhan
  • Kontraktilitas
  • Asimilasi dan Absorpsi
  • Sekresi dan Ekskresi

Paraplasma (Inklusio) adalah benda-benda mati yang ada di dalam sitoplasma yang merupakan hasil kegiatan sel atau kegiatan metabolisme sel, namun ikut dalam proses metabolisme. Inklusio yang ada dalam sitoplasma bisa dibagi menjadi 3 macam yaitu sebagai berikut ini.
- Timbunan makanan
Di dalam sel terdapat timbunan makanan dipakai untuk kehidupan sel lewat metabolisme sel. Timbunan yang terdapat dalam sel ini tersimpan dalam bentuk karbohidrat, protein dan lipid.
- Butir-butir sekresi
Dalam organel terdapat butir-butir sekresi yang mempunyai membran sebab bahan-bahan yang akan disekresikan. Itu disebabkan butir-butir sekresi bisa merusak sitoplasma jika dibiarkan bebas lepas dalam sitoplasma.
- Pigmen
Pigmen adalah benda berwarna yang ada di dalam sitoplasma, meskipun tidak diwarnai. Terdapat 2 macam pigmen di dalam sitoplasma yaitu pigmen endogen dan pigmen eksogen. Pigmen endogen yaitu pigmen yang ada di dalam sel cadangan hemoglobin. Pigmen eksogen yaitu pigmen yang bersumber dari luar sel misalnya karotenoid.
Baca juga artikel:
Semoga penjelasan tentang Pengertian Stoplasma dan Fungsinya dapat memberikan manfaat bagi anda.

Artikel Terkait