Skip to main content

Pengertian Telnet dan Fungsinya

Pengertian telnet dan fungsinya - Apa yang dimaksud dengan telnet dan kegunaannya?. Bagi kamu yang mengikuti perkembangan dunia teknologi dan informasi khususnya pada komputer dan jaringan tentunya tahu dengan apa itu telnet dan fungsinya. Namun bagi kamu yang tidak mengikuti perkembangan teknologi bidang komputer dan jaringan pastinya ada yang belum tahu dengan apa yang dimaksud dengan telnet itu. Maka dari itulah pada postingan kali ini kami akan membahas tentang apa itu arti telnet agar tahu seperti apa yang dimaksud telnet. Selain membahas definisi dan fungsi telnet, untuk menambah pemahaman tentang telnet, maka di sini kami tambahkan penjelasan tentang cara menjalankan telnet di windows, cara kerja telnet serta kelebihan dan kekurangan telnet.
Pengertian Telnet dan Fungsinya

Pengertian Telnet

Jelaskan pengertian telnet? Telnet merupakan singkatan dari Telecomunication Network. Telnet adalah suatu protokol jaringan yang digunakan internet atau jaringan lokal. Telnet menyediakan komunikasi dua arah yang berbasis teks atau terminal emulator antara client dengan server atau dengan kata lain telnet memungkinakan untuk memberikan perintah, untuk menjalankan perintah, untuk merubah konfigurasi, untuk mengendalikan, dan meremote komputer lain (server) melalui komputer di depan meja kita sendiri (client).

Atau pengertian telnet adalah sebuah protokol client-server yang dapat memberikan akses remot jarak jauh untuk login pada komputer tertentu dalam suatu jaringan. Telnet juga dapat diartikan sebagai emulasi terminal atau virtual yang menggunakan protokol untuk tujuan yang sama yakni untuk mengakses komputer tujuan secara remote. Biasanya telnet digunakan untuk login ke komputer lain pada internet. Selain untuk hal itu, juga untuk mengakses berbagai jenis layanan umum yang terhubung dengan jaringan internet, termasuk pada katalog perpustakaan dan database.

Fungsi Telnet

Fungsi telnet pada jaringan komputer adalah untuk dapat mengakses sebuah komputer dari jarak jauh. Inilah yang sering disebut sebagai remote access.Telnet merupakan program yang dapat memungkinkan komputer penggunanya menjadi terminal dari komputer lain pada jaringan internet. Layanan apa saja dapat dijalankan secara remote. Telnet dapat memungkinkan penggunanya bisa melakukan login sebagai pengguna komputer jarak jauh dan menjalankan program komputer layanan yang ada pada komputer tersebut.

Cara Menjalankan Telnet di windows

Supaya dapat menggunakan telnet di Windows bisa dengan mengetikkan perintah telnet diikuti dengan ip address dari komputer server. Berikut ini adalah contohnya:
telnet 192.168.3.1.
Dapat juga dengan ketik telnet saja, kemudian ketik perintah open diikuti dengan ip address dari komputer server. Sebagai contoh:
telnet
open 192.168.3.1
Pengertian Telnet dan Fungsinya
Menjalankan Telnet di Windows
Pengertian Telnet dan Fungsinya
Lalu masukkan username serta password yang valid

Cara Kerja Telnet

Jelaskan prinsip dari cara kerja telnet? Prinsip dari cara kerja telnet adalah sebagai berikut:
Telnet secara langsung memberikan akses ke berbagai jenis layanan yang terdapat di internet. Komputer atau perangkat kamu sebagai host memang sudah menyediakan layanan-layanan, tetapi apabila terdapat layanan lain yang tidak tersedia, kamu dapat tetap menggunakannya melalui bantuan telnet ini.

Teknologi ini menggunakan 2 jenis program yakni client dan server. Kemudian bagaimanakah cara kerjanya? Terdapat 2 program yang akan berjalan. 2 program tersebut yaitu software client yang beroperasi pada komputer. Komputernya merupakan pihak yang meminta sebuah layanan. Sementara itu, software server adalah pihak yang menghasilkan sebuah layanan. Untuk dapat memahami cara kerjanya, silahkan kamu lihat skema pada gambar berikut ini.

Jadi, apabila dirinci, berikut ini adalah tugas yang dilakukan oleh Client:
  • Client membuat atau menghubungkan network antara Transfer Control Protocol (TCP) dengan server yang ada.
  • Client kemudian memperoleh inputnya dari pihak pengguna/ user.
  • Client lalu melakukan format ulang input dari user tersebut kemudian mengubah ke dalam bentuk format yang standar. Barulah sesudah itu melakukan pengiriman ke server.
  • Client memperoleh output dari server dengan format yang standar.
  • Yang terakhir, Client akan merubah format output tersebut untuk dapat ditampilkan di layar.

Kemudian tugas yang dilakukan oleh server adalah sebagai berikut:
  • Server akan memberi sebuah informasi kepada software jaringan kalau komputer pengguna telah siap untuk dikoneksikan.
  • Server kemudian menunggu permintaan dalam bentuk format yang standar.
  • Server selanjutnya mengerjakan permintaan yang telah disampaikan tersebut.
  • Server akan mengirimkan balik hasilnya ke client dengan bentuk format standar.
  • Yang terakhir, server akan menunggu permintaan lain yang terkirim selama dalam proses remote.

Kelebihan dan Kekurangan Telnet

Kelebihan Telnet
Kelebihan penggunaan teknologi telnet ini yaitu user interface yang bisa dibilang ramah pengguna. Maksudnya, pengguna akan bisa mengakses memberikan perintah dari jarak jauh (remote), solah-olah sedang mengakses dari jarak dekat. Jadi akan seolah-olah berhadapan secara langsung dengan komputer lain yang sedang digunakan untuk mengeksekusi perintah pada command line yang diberikan.

Kekurangan Telnet
Kekurangan dari telnet yaitu pengguna otentikasi NTLM authentication tanpa adanya enkripsi. Sebenarnya hal ini rentan dari segi keamanan sistem. Sehingga dapat memudahkan pencurian password yang dilakukan oleh pihak yang disebut sebagai sniffers. Apabila kamu menjadi administrator sistem, dan ingin mengkonfigurasi sistem,maka lebih baik kamu menggunakan SSH pada Linux dari pada menggunakan Telnet Server.

Demikian apa yang dapat kami jelaskan tentang pengertian telnet dan fungsinya. Semoga apa yang kami jelaskan pada blog temukan pengertian ini bisa bermanfaat bagi kita semua.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar