Skip to main content

Pengertian Web Portal dan Contohnya, Tujuan Jenis Keuntungan

Pengertian web portal dan contohnya – Website itu ada yang statis dan ada yang dinamis. Untuk website dinamis biasanya berupa web portal yang didalamnya terdapat fasilitas berita, poling dan lain-lain. Nah apa itu portal web? Tentunya teman-teman sudah sering menggunakan portal web, namun mungkin belum bisa menjelaskan apa yang dimaksud dengan web portal. Untuk itulah agar teman-teman paham dengan apa yang dimaksud dengan website portal, di sini kami akan memberikan penjelasan tentang arti portal web. Di sini selain membahas tentang pengertian website portal dan contohnya, juga kami bahas hal lain yang berhubungan dengan portal web yaitu tujuan portal web, jenis jenis web portal dan juga keuntungan web portal.

Pengertian Web Portal dan Contohnya

Pengertian Portal Web

Pengertian website portal adalah website yang menyediakan berbagai informasi dan fasilitas bagi pengunjungnya. Portal web yang mempunyai Kemampuan yang lebih spesifik yaitu penyediaan sebuah informasi yang bisa diakses memakai menggunakan aneka macam perangkat, contohnya notebook, komputer pribadi, ,Personal Digital Assistant (PDA), atau bahkan telepon genggam.

Pengertian lain dari web portal (portal web) adalah sebuah situs web yang menyediakan berbagai informasi dari berbagai sumber dengan cara (format atau layout) yang seragam. Setiap sumber informasi, biasanya mendapat area khusus pada halaman website portal dalam menampilkan informasi. Pengguna portal web biasanya dapat mengkonfigurasi informasi mana yang akan ditampilkan.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Contoh Portal Web

Contoh web portal adalah situs web yang menyediakan layanan umum seperti search engine, berita,poling, berbagai macam rubik dan fasilias sperti chat room. Misalnya Yahoo!, AOL, dan MSN. Ada pula yang bersifat personal misalnya personal diary dan calender, account e-mail bahkan personal web. Selain itu ada pula yang bersifat eksklusif yang hanya menampilkan informasi yang dikehendaki oleh komunitasnya, contohnya portal yang bersifat religius. Tetapi bisa juga sebaliknya bersifat terbuka meskipun membahas tentang hal yang spesifik seperti toko buku amazon. Sedangkan portal web untuk organisasi/ sebuah lembaga conohnya yaitu situs web kota dan situs web kesehatan. Kemudian portal web untuk pelaggan misalnya jasa online bank yang disediakan institusi keuangan seperti bank. Ada pula portal web sebuah perusahaan.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Tujuan Portal Web

Tujuan website portal adalah untuk membangun sebuah komunitas dengan cara mengikat pengunjung secara sukarela ke dalam berbagai bentuk layanan yang disediakan. Jika densitas komunitas sudah cukup tinggi, maka pengelola web portal mempunyai metode pendataan secara statistik. Dengan begitu maka dapat diketahui profil pengunjung dan dapat membaginya ke dalam berbagai kelompok. Selain itu juga membuat sebuah prediksi berdasarkan berbagai pola kunjungan, sehingga dapat diketahui secara pasti layanan apa yang paling diminati oleh pengunjung.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Jenis jenis Web Portal

Berikut ini adalah penjelasan tentang jenis jenis website portal:

Macam macam Website Portal berdasarkan Bentuknya

1. Portal Horizontal

Portal horizontal adalah portal umum yang menyajikan berbagai informasi dan layanan yang dapat digunakan secara umum oleh para pengunjung portal itu sendiri.

2. Portal Vertikal

Portal vertikal adalah portal yang memberikan layanan pribadi dan informasi, namun biasanya khusus untuk bidang-bidang tertentu saja, misalnya portal khusus kuliner, portal khusus berita, portal khusus gaming dan lain-lain.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Macam-macam Web Portal berdasarkan Layanan yang Diberikan

1. Portal Konsumen

Portal konsumen adalah portal web yang ditujukan untuk konsumen secara umum yang memberikan layanan email gratis, home page pribadi, Instant Messager (IM), sports sccores, game, chatting dan lain-lain. Layanannya ada yang gratis dan ada juga yang berbayar.

2. Portal Organisasi

Portal organisasi adalah portal web yang disediakan oleh lembaga pemerintahan, kependudukan, universitas, sekolah, industri, organisasi keagamaan, kelompok politik dan juga sosial. Meskipun banyak portal organisasi yang memberikan layanan umum kepada penggunanya, namun pengguna harus mendaftarkan diri sebagai anggota untuk bisa mendapatkan layanan secara penuh.

3. Portal Pelanggan

Portal pelanggan adalah portal web bisnis yang sering kali menawarkan jasa online kepada para pelanggan melalui web portal. Seperti halnya portal organisasi, portal pelanggan juga dapat digunakan oleh pengguna umum. Namun anggotanya harus login terlebih dahulu supaya dapat mengakses fasilitas dan jasa yang ada di dalam portal tersebut.

4. Portal Perusahaan

Portal perusahaan adalah portal web yang digunakan pada sebuah perusahaan dalam menunjang kegiatan bisnisnya. Biasanya perusahaan menggunakan portal wweb untuk menyediakan tenaga kerja, partner kerja, akses data penting, aplikasi, proses, dan laporan. Informasi dapat berasal dari berbagai macam basis data misalnya basis data penjualan, pemasaran, keuangan, penelitian dan pembangunan.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Keuntungan Web Portal

Adapun keuntungan atau kelebihan web portal yang di dapat adalah sebagai berikut ini:

1. Akses data yang bisa dikostumisasi

Portal web merupakan alat yang ddigunakan untuk mengakses data khusus. Data yang bersumber dari berbagai macam aplikasi, basis data, apikasi, pengolah data, dokumen, maupun presentasi dan sering disimpan pada platform perangkat keras.

2. Platform Independen

User (pengguna) dapat mengakses portal web melalui berbagai platform (Windows, Unix atau Maacintosh). Yang terpenting yaitu web browser mendukung layanan portal karena portal itu menggunakan web sebagai jaringannya.

3. Akses Tanpa Kabel

Pada saat sedang bepergian atau berada jauh dari komputer, pekerja masih tetap bisa melihat laporan penting yang dikirim melalui portal web perusahaan. Kemudian pekerja dapat pula menerima sebuah peringatan seperti pada saat ada laporan yang amsuk melalui PDA (Personal Data Assistance, pager ataupun telepon digital.

4. Sebagai Pengganti PC Perusahaan

Dengan tersedianya akses yang memuaskan ke berbagai informasi bisnis yang saling berhubungan, portal bisa menggantikan PC karyawan yang banyak digunakan di perusahaan.

5. Pengaturan Dokumen Lebih Mudah

Dikarenakan akses data oleh portal itu dari struktur direktori file atau basis data (database), maka pengguna dapat mempublikasikan laporan, basis data, pengolah data, ataupun dokumen lainnya dengan cara mengcopy berkas ke dalam direktori tertentu. Web crawler bisa mengecek direktori dan indeks secara rutin dan membuat penghubung ke dokumen yang baru.

6. Transaksi Bisnis ke Bisnis

Beberapa dari perusahaan ada yang mengawali bisnis mereka dengan menggunakan web portal. Hal itu termasuk kegiatan transaksi dengan para pelanggan (Business To Business). Sebagai contoh, beberapa asuransi online tidak hanya melakukan proses klaim asuransi dan policy dari pelanggan melalui portal saja, namun perusahaan lain juga membandingkan harga melalui portal bisnis ke bisnis.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Itulah penjelasan tentang pengertian web portal dan contohnya serta hal lain yang berkaitan. Semoga penjelasan yang sudah kami tulis dalam blog temukan pengertian ini dapat bermanfaat.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar