Skip to main content

Pengertian Modem Fungsi dan Jenisnya

Pengertian modem fungsi dan jenisnya – Seiring dengan berkembangnya teknologi, perangkat komunikasi seperti komputer dan laptop membutuhkan yang namanya modem agar bisa terkoneksi ke internet. Nah apa itu modem? Seperti apakah modem itu? Bagi kamu yang belum tahu dengan apa yang dimaksud modem, maka di sini kamu bisa membaca definisi modem. Selain itu untuk menambah pemahaman tentang apa yang dimaksud dengan modem, di sini juga kami bahas tentang fungsi modem dan jenis jenis modem. Bagi kamu yang ingin tahu tentang pengertian fungsi dan jenis modem, silahkan baca sampai selesai pengertian fungsi dan macam macam modem berikut ini.
Pengertian Modem Fungsi dan Jenisnya

Pengertian Modem

Modem adalah singkatan dari modulator demodulator. Modulator adalah proses modulasi yaitu untuk proses menumpangkan data pada sinyal informasi ke sinyal pembawa supaya dapat dikirim ke pengguna melalui media tertentu, proses modulator dapat juga diartikan proses mengubah data dari komputer yang berbentuk sinyal digital akan diubah menjadi sinyal analog. Sedangkan demodulator adalah proses untuk memperoleh kembali data yang telah dikirim oleh pengirim. Dalam proses ini data yang berupa sinyal analog akan diubah kembali menjadi sinyal digital supaya dapat dikenali/ dibaca oleh komputer.

Jadi pengertian modem adalah sebuah perangkat keras yang berguna sebagai alat komunikasi dua arah yang merubah sinyal digital menjadi sinyal analog atau sebaliknya untuk mengirimkan data/pesan ke alamat yang dituju. Modem bisa juga diartikan sebagai media perantara supaya komputer dapat terhubung ke jaringan internet.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Fungsi Modem

Fungsi modem adalah sebagai berikut ini:
  • Sebagai alat untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog.
  • Untuk melakukan proses modulasi dan demodulasi.
  • Untuk menghubungkan perangkat dengan jaringan.
  • Untuk melakukan kompres data yang dikirim melalui sinyal.
  • Untuk melakukan pengecekan atau pemeriksaan paket data dan komunikasi.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Jenis jenis Modem

Jenis jenis modem dan penjelasannya antara lain adalah sebagai berikut:

Jenis jenis Modem Berdasarkan Pemasangannya

Jenis jenis modem berdasarkan pemasangannya antara lain sebagai berikut:
  • Modem Internal adalah sebuah kartu yang dipasangkan pada slot motherboard.
  • Modem eksternal adalah modem yang dipasang diluar komputer, biasanya ditancapkan pada slot USB.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Jenis jenis Modem Berdasarkan Jaringan

Berikut ini adalah jenis jenis modem pada jaringan internet:
  • Modem media kabel adalah jenis modem ini menggunakan media perantara kabel (contoh: jaringan telepon dan TV kabel).
  • Modem tanpa kabel adalah modem yang perantaranya tanpa menggunakan media kabel (contoh: modem Modem CDMA dan GSM).
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Demikianlah penjelasan yang dapat kami tuliskan tentang pengertian modem fungsi dan jenisnya. Semoga penjelasan yang sudah kami tulis dalam blog temukan pengertian ini dapat bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar