Skip to main content

Pengertian Softcopy dan Contohnya

Pengertian softcopy dan contohnya – Apa itu softcopy? Istilah softcopy mulanya mungkin kurang begitu dimengerti, namun pada akhirnya setelah kamu mengenal dunia komputer tentunya tahu dengan apa yang dimaksud softcopy. Bagi kamu yang masih awam dan belum tahu seperti apakah softcopy itu, jangan khawatir. Karena pada pembahasan ini kami akan menjelaskan tentang definisi softcopy dan contoh softcopy agar kamu yang belum tahu bisa tahu seperti apa yang dimaksud dengan softcopy. Oke langsung saja berikut ini penjelasannya, silahkan dibaca dan dipahami dengan baik.
Pengertian Softcopy dan Contohnya

Menu Pembahasan

Pengertian Softcopy

Arti dari softcopy dalam bahasa Indonesia itu berarti “salinan yang lembut”. Soft Copy/ Softcopy adalah file atau dokumen yang sebelumnya dibuat menggunakan komputer kemudian disimpan di media penyimpanan (CD, flashdisk atau media penyimpanan lainya). Misalnya softcopy: .docx, .xlsx, .pptx dan format file yang lainnya. Biasanya Soft copy digunakan untuk mengumpulkan tugas/ mengirim data yang biasanya dikirim melalui email ataupun melalui media penyimpanan.

Dapat pula dikatakan bahwa pengertian softcopy adalah sebuah format file yang masih mentah yang berbentuk file di dalam komputer dengan format seperti .docx (Untuk Ms. Word), .xlsx (Ms. Exel), .pptx (Ms. PowerPoint) dan format lain yang belum dicetak. Yang mana file tersebut dapat di disimpan pada media penyimpanan seperti flashdisk, hardisk, CD atau media penyimpanan lain serta dapat dikirim melalui email, bluetooth atau media pengiriman yang lain.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Contoh Softcopy

Misalnya kamu membuat sebuah data file yang berisi tentang data organisasi, kemudian data tersebut kamu simpan dalam format .docx pada media penyimpanan hardisk atau flashdisk. File dengan format .docx itulah yang disebut sebagai softcopy. Jadi, pada intinya softcopy itu masih dalam tahap penyimpanan dalam bentuk file data dan belum sampai dikeluarkan dalam bentuk print out (dicetak).
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Seperti itulah penjelasan yang bisa kami tulis tentang pengertian softcopy dan contohnya. Semoga penjelasan yang telah kami tulis dalam blog temukan pengertian ini dapat bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar