Pengertian Cryptographi/ Kriptografi

Pengertian Cryptographi/ KriptografiCryptographi/Kriptografi adalah/ Cryptography yaitu/ Cryptographi adalah/ arti Cryptography/ definisi Cryptographi
Cryptography
Pada artikel sebelumnya saya telah menyampaikan hal yang berhubungan untuk menjaga keamanan suatu program yaitu Cracker, dan pada kali ini saya juga akan membahas hal yang berhubungan dengan keamanan yaitu Cryptographi/ kriptografi. Apa yang dimaksud dengan Cryptographi/ kriptografi ? Cryptographi/kriptografi berasal dari bahasa yunani yaitu terdiri dari kata kriptos dan grafia, kriptos artinya tersembunyi, disembunyikan, dirahasiakan sedangkan grafia artinya tulisan, data/ berita.
 
Cryptographi/Kriptografi adalah cara agar pesan dapat dikirim dengan aman melalui sandi berupa kode tertentu.
Kriptografi yaitu tulisan/ berita rahasia yang mencakup juga pengetahuan tentang metode/ system pembuatan berbagai seni sastra/ metode cara-cara mendapatkan kembali berita dalam bentuk semula yaitu plaintext (pendapat nurmalia) suatu kriptografi tidak hanya dibuat untuk mengirim data tulisan.
Pendapat lain Kriptografi adalah ilmu yang mempelajari teknik-teknik Informatika yang berhubungan dengan aspek keamanan Informatika.
Jadi dapat di simpulkan kriptografi adalah Ilmu dan seni untuk menjaga keamanan pesan berita terkirim dalam menjaga kerahasiaan data/ Informasi kriptografi mentransformasikan data/ berita asli/M=Message/P= Plaintext ke dalam bentuk berita/ data sandi/ Chypertext yang tidak dapat dikenali .
Demikain pengertian Cryptographi/ Kriptografi semoga dapat menambah wawasan anda. Terimakasih atas kunjungannya di blog Temukan Pengertian.

Artikel Terkait