Skip to main content

Pengertian Dial Up dan Fungsinya, Perangkat, Contoh, Langkah

Pengertian Dial Up dan fungsinya – Semakin berkembangnya dunia teknologi informasi, bisa dibilang saat ini setiap orang membutuhkan teknologi informasi dalam menjalankan kegiatan sehari-hari, misalnya penggunaan internet. Untuk bisa terhubung ke jaringan internet salah satu cara yang digunakan yaitu dengan Dial-Up. Apa itu Dial Up? Seperti apakah yang dimaksud dengan modem Dial-Up? Pastinya bagi kamu masih ada yang belum tahu dengan apa yang dimaksud dengan Dial Up, meskipun kamu sering menggunakan internet. Nah untuk itu di sini kami akan membahas tentang arti dial up atau pengertian modem dial up dan fungsinya. Tak hanya definisi Dial Up dan fungsi Dial Up saja, di sini juga kami tambahkan penjelasan tentang perangkat yang dibutuhkan untuk koneksi internet dengan Dial Up, contoh koneksi internet menggunakan Dial Up, dan langkah langkah melakukan Dial Up Connection serta kelebihan dan kekurangan koneksi Dial Up.

Pengertian Dial Up dan Fungsinya

Pengertian Dial Up

Pengertian Dial Up adalah jenis komunikasi antar komputer dengan menggunakan saluran telepon dan modem. Jadi dial up adalah cara menghubungkan komputer ke internet dengan menggunakan saluran telepon. Prosesnya seperti ini: komputer melalui modem melakukan pemanggilan telepon (dial-up) ke Penyelenggara Jasa Internet. Jika sudah terhubung maka komputer akan segera mengakses Internet dan kemudian mengakhiri koneksi dengan memutuskan hubungan telepon.

Atau pengertian Dial Up networking adalah perangkat lunak atau protokol yang digunakan untuk menghubungkan komputer ke Internet Service Provider (ISP). ISP sendiri merupakan Penyedia layanan internet, misalnya seperti Telkom.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Fungsi Dial Up

Fungsi setting Dial-Up adalah untuk menghubungkan komputer ke jaringan internet dengan menggunakan saluran telepon. Dial-up bisa dibilang praktis dan mudah digunakan, karena kita bisa menggunakannya dimana saja asalkan telepon yang digunakan bisa terkoneksi dengan internet.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Perangkat yang Dibutuhkan untuk Koneksi Internet dengan Dial Up

Perangkat keras yang dibutuhkan untuk koneksi internet secara dial-up diantaranya yaitu:

  • Komputer/ Laptop
  • Modem
  • Aluran Telepon

Perangkat Lunak (software Dial Up Modem) : Biasanya disediakan oleh ISP dimana kita berlangganan. Nama pengguna dan kata sandi: disediakan oleh ISP, login tidak bisa diganti tetapi password bida kita ganti sendiri untuk menjaga keamanan secara berkala.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Contoh Koneksi Internet Menggunakan Dial Up

koneksi internet menggunakan Dial Up contohnya yaitu pada saat menggunakan line telepon tertentu, ketika koneksi menggunakan handphone yang mempunyai fasilitas moden dan dapat juga dengan menggunakan modem USB (Universal Serial Bus).

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Langkah langkah melakukan Dial Up Connection

Langkah langkah melakukan koneksi internet dengan tipe dial-up connection adalah sebagai berikut:

Yang perlu kita lakukan yaitu:

  • Harus berlangganan ke salah satu ISP.
  • Memasang modem ke komputer kita.
  • Install software Internet yang telah disediakan oleh ISP.
  • Mengkoneksikan/ Menghubungkan (dial-up) ke ISP.

Sesudah komputer terkoneksi ke ISP maka pada saat itu komputer sudah bisa terhubung ke Internet dan kita bida memulai penjelajahan di Internet. Jika kita memutuskan hubungan modem ke ISP pada saat itu pula hubungan Internet kompuer akan terputus, itu karena hubungan ke Internet hanya terjalin selama mempertahankan koneksi komputer kita ke ISP melalui modem.

Berikut ini adalah Contoh menghubungkan melalui ISP “TelkomNet Instan”.

Untuk menghubungkan ke Internet, terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan diantaranya yaitu:

  • Dialing (memanggil nomor, contoh 080989999)
  • Verifying Username (memverifikasikan nama pengguna dan password/sandi)
  • Handshaking ("berjabat tangan", artinya menyeragamkan parameter koneksi)
  • Connecting (menghubungkan ke Internet).
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Kelebihan dan Kekurangan Koneksi Dial Up

Jelaskan kelebihan dan kekurangan koneksi internet menggunakan Dial-Up? kelebihan dan kekurangan dari koneksi dial up adalah sebagai berikut.

Kelebihan Koneksi Internet Menggunakan Dial Up

Kelebihan koneksi internet menggunakan Dial-Up dibandingkan ADSL adalah:

  • Koneksi internet lebih mudah untuk digunakan, karena secara langsung terhubung dengan saluran telepon atau modem untuk akses internet.
  • Hampir semua komputer PC atau laptop telah terpasang modem Dial-Up, jadi sudah jelas bahwa modem Dial-Up adalah media koneksi modern yang mudah untuk digunakan hampir seluruh pengguna komputer.
  • Penggunaan koneksi menggunakan modem Dial Up lebih murah, hal itu karena koneksinya hanya bersifat sesaat, tidak setiap saat koneksinya tersambung, hanya pada saat pengguna mengakses saja dan bisa melanjutkan akses kembali pada saat koneksi telepon terputus.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Kekurangan Koneksi Dial Up

  • Kecepatan aksesnya hanya berkisar antara 12 hingga 20 Kbps, sehingga mungkin terasa lebih lambat untuk dapat mengakses internet yang dibutuhkan.
  • Jika modem Dial Up digunakan secara bersamaan dengan telepon rumah sedangkan modem Dial-Up terkoneksi dengan telepon rumah yang dalam keadaan sibuk, maka secara otomatis internet akan terputus. Hal itu karena koneksi akan teralih secara otomatis untuk sambungan telepon yang sedang digunakan.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Namun saat ini Layanan Dial-up masih banyak dipergunakan orang. Hal ini disebabkan karena ketidakmampuan memperoleh layanan koneksi dengan kecepatan tinggi (high-speed Internet connection), itu terjadi karena keterbatasan area geografis dan biaya.

Itulah penjelasan tentang pengertian dial up dan fungsinya. Dengan adanya internet kita bisa menjelajahi berbagai informasi dari seluruh penjuru dunia menggunakan dial-up. Semoga tulisan dalam artikel blog temukan pengertian ini bisa menambah ilmu pengetahuan kita.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar