Skip to main content

Pengertian Spam dan Contohnya

Pengertian spam dan contohnya – Adanya sarana komunikasi yang canggih memberikan manfaat yang positif dan negatif. Manfaat positif yaitu memudahkan kita dalam berkomunikasi meskipun jarak berjauhan. Sedangkan sisi negatifnya yaitu banyak yang memanfaatkan sarana komunikasi untuk melakukan spam. Nah apa itu spam? Seperti apakah spam itu? Bisakah kamu menjelaskan definisi dari spam? Bagi kamu yang belum tahu seperti apa yang dimaksud dengan spam, maka kamu bisa membaca tentang apa yang dimaksud spam di sini karena di sini kami akan menjelaskan tentang arti spam dan contohnya. Selain itu juga kami tambahkan penjelasan tentang tujuan spam, dampak dari spam dan cara mencegah spam.
Pengertian Spam dan Contohnya

Pengertian Spam

Pengertian spam adalah pengirimkan pesan dalam jumlah banyak secara bertubi-tubi yang tanpa dikehendaki oleh penerimanya, pengiriman spam menggunakan perangkat elektronik. Tindakan spam disebut dengan spamming sedangkan orang yang melakukan spam disebut spammer.

Secara umum bentuk spam yang dikenal yaitu: spam e-mail/surat elektronik, spam Usenet newsgroup, spam pesan instan, spam blog, spam mesin pencari informasi web (web search engine spam), spam iklan baris daring, spam wiki, spam jejaring sosial, spam sms dan lain-lain.

Spam biasanya berisi iklan, Dalam suatu forum kelompok warta spam berisi promosi barang yang tidak ada hubungannya dengan kegiatan kelompok warta tersebut, Untuk mencari popularitas bagi suatu URL tertentu di search engine disebut spamdexing.

Untuk mencapai para pelanggan-pelanggan yang diinginkan pengiklan mengirimkan Spam dengan biaya operasional yang sangat rendah, karena spam tidak membutuhkan mailing list/senarai.

Spam merugikan, diantaranya yang dirugikan yaitu penyedia jasa internet ISP (Internet Service Provider). Karena hambatan masuk yang rendah, sehingga banyak spammers yang muncul dan jumlah pesan yang tidak diminta akan semakin tinggi. Spam sering mengganggu masyarakat dan terkadang isinya menipu penerimanya. Selain itu dapat menyita waktu, dan juga menguras sumber daya perangkat elektronik si penerimanya.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Contoh Spam

Saat ini ada banyak sekali jenis spam yang mudah kita jumpai. Berbagai contoh spam bisa kamu temukan di berbagai sumber informasi. Berikutini adalah beberapa contoh spam yang bisa kamu lihat.
  1. Spam pada email
  2. Spam pada email adalah mengirim email komersial secara massal yang tidak diminta oleh si penerima email. Pengiriman spam email dapat terjadi karena pengguna internet mendaftarkan email mereka pada suatu website tertentu. Selain itu pengiriman spam email dapat pula terjadi adanya jaringan virus yang telah menginfeksi komputer pribadi maupun komputer kantor di seluruh dunia. Contoh spam pada email adalah pesan iklan yang dikirimkan secara berulang-ulang melalui email. Kini Email sudah mempunyai sistem yang canggih yaitu dapat memfilter spam. Jadi pesan spam pada email dapat langsung masuk ke dalam folder spam.
    Pengertian Spam dan Contohnya
  3. Spam SMS
  4. Spam sms adalah spam yang dilakukan dengan menggunakan sebuah software misalnya SMS blast yang dapat mengiriman pesan SMS secara massal ke beberapa nomor ponsel. Tujuan dari spam SMS cukup beragam, tetapi kebanyakan tujuannya untuk melakukan promosi barang atau pun jasa, bahkan untuk melakukan penipuan berkedok undian berhadiah. Berikut ini adalah contoh spam SMS yang melakukan penipuan undian berhadiah, yang dilakukan oleh nomor yang bukan nomor resmi perusahaan terseubut (jadi ini sudah sangat jelas spam penipuan yang sangat mengganggu).
    Pengertian Spam dan Contohnya
  5. Komentar spam pada blog
  6. Komentar spam adalah komentar yang dilakukan dengan asal-asalan yang tidak ada hubungannya dengan topik yang dibahas dalam blog. Biasanya komentar spam disisipi dengan link atau tautan website spammer pada kolom komentarblog. Terkadang komentar spam dilakukan dengan menggunakan software tertentu sehingga komentar spam bisa dilakukan dengan cepat dan dalam jumlah yang banyak. Berikut ini adalah contoh komentar spam dalam blog.
    Pengertian Spam dan Contohnya
  7. Spam Forum
  8. Spam forum biasanya berisi promosi yang berkedok penawaran barang atau jasa yang murah. Yang menjadi sasaran biasanya orang awam yang masih pemula di internet. Para pelaku spam mendopleng situs-situs ternama supaya terlihat profesional di mata orang awam.
  9. Spam Search Engine
  10. Spam Search engine atau spam mesin pencari disebut juga dengan spamdexing (spamming dan indexing). Tujuan dari spamindexing ini yaitu untuk menempatkan halaman-halaman situs spam pada mesin pencari dengan pencarian yang relevan sehingga bisa memperoleh trafik yang tinggi dari search engine (mesin pencari). Untuk mengatasi hal seperti itu, biasanya mesin pencari melakukan update algoritma, sehingga situs-situs yang menerapkan spamindexing akan dihapus dari index penelusuran search engine.
  11. Spam Medsos
  12. Semakin banyaknya pengguna media sosial seperti facebook, twitter, instagram dan lain-lain, juga membuat maraknya komentar dan pesan spam yang dapat kita jumpai. Salah satu bentuk spam yang dilakukan di media sosial yaitu komentar atau pesan yang berisi iklan. Terkadang kita menjumpai seseorang yang sengaja berkomentar hanya satu atau 2 huruf secara terus menerus itu merupakan salah satu bentuk spam. Ada juga komentar yang melakukan promosi disertai dengan menyertakan link aktif. Selain itu spam juga bisa dilakukan melalui pesan pribadi yang dikirim oleh orang yang tidak dikenal menggunakan pesan media sosial.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Tujuan Spam

Apa sih tujuan pembangunan spam? Tujuan spamming yang dilakukan oleh spammer adalah sebagai berikut ini:
  1. Spam untuk tujuan melakukan promosi
  2. Dalam memasarkan sesuatu di internet, ada banyak pihak tertentu yang melakukan pemasaran dengan cara yang tidak etis yaitu dengan mengirimkan spam kepada orang banyak. Biasanya isi pesan berupa penawaran barang dan jasa. Pelaku spam itu bisa perorangan maupun perusahaan. Bahkan ada pula perusahaan yang menjadikan pesan spam melalui sms dan email sebaggai channel pemasarannya. Di sisi lain tentunya penerima akan merasa terganggu sekali setiap kali mereka menerima pesan komersil yang tidak mereka inginkan.
  3. Spam untuk tujuan melakukan penipuan
  4. Saat ini spam untuk tujuan penipuan sangat marak kita temukan, baik itu melalui SMS, email atau media lainnya. Modus spam penipuan cukup beragam, misalnya melakukan phising atau mengambil alih akun online, melakukan pencurian data, meminta pulsa, meminta uang dan masih banyak yang lainnya. Modus penipuan menggunakan pesan spam yang sering terjadi adalah pishing. Di mana pelaku mengirimkan email secara acak yang isi pesannya menyebutkan bahwa si penerima telah memenangkan sebuah undian berhadiah. Kemudian dalam pesan email tersebut disisipi link ke situs tertentu dan ketika penerima membuka link tersebut akan dialihkan ke situs tertentu kemudian si penerima diharuskan login menggunakan akun email. Pada saat korban mengetikkan email beserta password, maka email dan password tersebut tersimpan ke database situs penipu, dan penipu pun bisa mengetahui email dan password korban.
  5. Spam hanya sekedar untuk iseng
  6. Spam yang dilakukan untuk tujuan iseng merupakan bentuk spam yang menggangu bagi penerimanya. Meskipun hal tersebut tidak dilakukan untuk penipuan atau tindak kejahatan lainnya, tetapi korban akan merasa dirugikan terutama rugi waktu yang terbuang sia-sia hanya untuk melihat pesan yang tidak penting.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Dampak dari Spam

Dampak spamming yang dilakukan oleh spammer adalah sebagai berikut ini:
  • Menghabiskan sumber daya perangkat elektronik, sehingga tidak bisa digunakan dengna baik.
  • Menghabiskan waktu untuk membersihkan atau menghapus spam dari perangkat elektronik.
  • Menghabiskan bandwidth internet karena digunakan untuk menghapus spam yang terdapat pada email, sosial media dan lain-lain.
  • Membuat perangkat elektronik menjadi lebih rentan terjangkit malware yang menyusup di dalam spam.
  • Komentar spam dapat membuat sebuah blog atau website menjadi lebih lambat karena memproses banyak komentar spam.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Cara Mencegah Spam

Terdapat beberapa cara untuk mencegah spam yang dapat kamu lakukan. Berikut ini adalah beberapa cara mencegah spamming.
  • Jangan merespon atau membalas email yang dikirimkan oleh orang yang tidak kita kenal. Lebih baik hapus saja.
  • Membuat email lebih dari satu, jadi email utama dapat kamu gunakan untuk hal yang lebih penting misalnya untuk tugas sekolah, pekerjaan dan lain-lain. Sedangkan email cadangan dapat kamu gunakan untuk mengisi formulir-formulir online yang terdapat di internet atau untuk mendaftar pada mailing list.
  • Jangan pernah memberikan alamat email pada situs web yang tidak dikenal, jadi sebaiknya gunakan email cadangan saja, jangan email utama.
  • Jika ingin tetap mencantumkan email pada blog atau situs web, maka kamu bisa mengubah tulisan @ menjadi [at]. Tentunya ini berguna supaya terhindar dari program otomatis yang dapat mencari alamat email yang dimiliki oleh spammer. Contoh: alamatemail@email.com -> alamatemail[at]email.com.
  • Sebaiknya jangan memperlihatkan email utama kamu pada blog atau website kamu, juga jangan perlihatkan email di facebook, twitter secara terbuka, lebih baik di private, nanti bisa menjadi sasaran spammer.
  • Apabila kamu menerima spam lokal (spam berbahasa Indonesia), segera kamu hubungi tim khusus penanggulangan spam nasional lewat email : abuse[at]apjil.or.id.
  • Kamu juga dapat menggunakan software anti-spam yang dapat kamu cari dan download di internet.
  • Jika pada email kamu mempunyai fitur anti-spam, maka segera aktifkan anti–spam untuk pencegahannya. Biasanya email yang mempunyai fitur tersebut yaitu gmail, yahoo, dan hotmail.
  • Untuk perkembangan tentang spam di internet dan cara penanggulangannya dapat kamu ketahui di: http://spamhaus.org.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Demikian penjelasan singkat dari kami tentang pengertian spam dan contohnya. Semoga artikel yang telah kami bagikan dalam blog temukan pengertian ini dapat bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan kita.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar