Skip to main content

Pengertian Spider dan Istilah Lain dalam SEO

Pengertian spider – Spider merupakan salah satu istilah dalam hal seo (search engine optimation). Jadi ketika kita mempelajari tentang bagaimana mengoptimasi sebuah web di mesin pencari seperti google, yahoo, bing maka kita perlu tahu istilah spider. Apa itu spider? Bisakah kamu menjelaskan apa yang dimaksud dengan spider web? Jika kamu belum tahu seperti apa yang dimaksud spider, maka kamu bisa menyimak pembahasan tentang definisi spider web di sini, karena kali ini kami akan membahas tentang apa yang dimaksud dengan spider dalam internet juga istilah-istilah lain yang berkaitan dengan spider.

Pengertian Spider

Pengertian Spider

Jelaskan yang dimaksud spider? Spider adalah istilah yang biasan digunakan untuk mesin pencari di Internet. Spider bertugas untuk menggali informasi dari sebuah blog. Spider merupakan yang menentukan relevansi dari suatu blog dan menentukan blog dapat tampil di Search Engine Result Page (SERP). Dengan mempelajari bagaimana mengontrol arah spider, maka anda bisa mengontrol peningkatan ranking di search engine. Mungkin dalam benak pikiran Anda mengontrol search engine spider adalah suatu hal yang mustahil, namun sebenarnya itu adalah hal yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan sebuah file yang bernama robots.txt.

Dengan kata lain spider merupakan sebuah program dari mesin pencari yang tugasnya menjelajahi setiap situs web, mengumpulkan data web, mengikuti link web, membuat salinan situs-situs web yang baru maupun yang diperbarui serta menyimpan URL dalam index di mesin pencari.

Tentunya hal itu dapat memungkinkan mesin pencari untuk memberikan data secara lebih cepat dan up-to-date. Jadi spider itulah yang bertugas dalam mencari dokumen-dokumen website yang akan ditampilkan dan mengikuti hypertext links untuk menampilkan kembali dokumen web yang lain. Spider juga dikenal dengan sebutan Crawler atau perayap.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Istilah lain dalam SEO (Search Engine Optimation)

1. Indexer

Indexer adalah aktivitas dalam mengumpulkan dan menyimpan data supaya bisa digunakan kembali oleh mesin pencari.

2. Crawler

Crawler adalah cerminan dari sebuah Spider. Dengan kata lain Crawler adalah nama lain dari Spider. Crawler dibuat supaya pengguna bisa menemukan sebuah artikel baru atau artikel yang baru diupdate.

3. Bot atau Robot

Bot atau robot adalah program yang bisa berjalan dengan sendirinya tanpa dikendalikan. Tetapi tidak semua robot bisa berjalan sendiri tanpa adanya sebuah perintah. Pada beberapa jenis robot, ada yang membutuhkan inputan perintah untuk menjalankan suatu program.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Itulah penjelasan yang dapat kami tuliskan tentang apa yang dimaksud spider crawler. Semoga penjelasan tentang pengertian spider dalam blog temukan pengertian ini dapat memberikan manfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar