Pengertian Kata baku

Pengertian Kata bakuKata baku adalah/ Kata baku yaitu/ Kata baku merupakan/ yang dimaksud Kata baku/ arti Kata baku/ definisi Kata baku.
Kata baku yaitu

Kata baku adalah kata standar berdasarkan kaidah kebahasaan. Kaidah kebahasaan tersebut terdapat dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, Ejaan yang Disempurnakan, dan Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Kamus Besar Bahasa Indonesia berisi daftar kata baku bahasa Indonesia. Ejaan yang Disempurnakan berisi aturan pemakian kata baku. Sementara itu, Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia berisi klasifikasi kata hingga menjadi kalmimat dan wacana.
Penggunaan kata baku terjadi pada situasi formal, misalnya sidang kenegaraan. Kata baku tersebut berubah menjadi kata tidak baku ketika digunakan dalam situasi tidak formal, misalnya percakapan sehari-hari. Oleh karena itu, penggunaan kata baku dan tidak baku bergantung pada situasi pemakaiannya. Meskipun demikian, banyak penutur tidak dapat membedakan antara kata baku dan kata tidak baku. Akibatnya, banyak kata tidak baku digunakan dalam situasi formal.
Demikianlah apa yang bisa kami ungkapkan tentang Pengertian kata baku, semgoba bisa memberikan manfaat.

Artikel Terkait