--> Skip to main content

Pengertian DHCP beserta Fungsi dan Cara Kerjanya

Pengertian DHCP beserta fungsi dan cara kerjanya - Apa yang dimaksud DHCP jelaskan fungsi dan cara kerjanya? Bagi seorang network engineer, adanya DHCP sangatlah menguntungkan karena tidak perlu lagi memberikan alamat IP pada komputer-komputer yang ingin terhubung ke jaringan. Lalu apa itu DHCP? Bisakah kamu menjelaskan pengertian fungsi dan cara kerja DHCP? Bagi kamu yang belum tahu seperti apakah DHCP itu bagaimana fungsi dan cara kerjanya, maka kamu bisa menyimak penjelasan yang akan kami bahas di sini. Berikut ini adalah pembahasan tentang pengertian DHCP, fungsi DHCP dan cara kerja DHCP.

Pengertian DHCP beserta Fungsi dan Cara Kerjanya

Pengertian DHCP

DHCP adalah singkatan dari Dynamic Host Configuration Protocol. Pengertian DHCP adalah protocol yang berbasis arsitektur client atau server yang digunakan untuk memudahkan pengalokasian alamat IP dalam satu jaringan. Atau definisi DHCP adalah sebuah protokol client/ server yang mempunyai fungsi untuk membuat dan menyewakan alamat IP secara otomatis kepada komputer client atau host client baik itu secara massal maupun per unit. DHCP selain untuk pembuatan IP, juga dapat memberikan default gateway, hostname, DNS, serta domain name secara otomatis. Terdapat dua arsitektur dalam menjalankan cara kerja DHCP, yaitu DHCP server dan DHCP client.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Pengertian DHCP Client dan DHCP Server

Pengertian DHCP Server adalah sebuah perangkat engine yang bisa menyediakan alamat IP, DNS, dan default gateway serta berbagai informasi TCP/ IP yang lain untuk kommputer client yang memintanya. Sistem operasi komputer yang menyediakan layanan DHCP server diantaranya yaitu linux, GNU, windows NT server, windows 2003 server.

Pengertian DHCP Client adalah sebuah perangkat client yang mengoperasikan perangkat lunak DHCP client, sehingga bisa tersinkronisasi dengan DHCP server untuk dapat menerima alamat IP, default gateway, dan DNS secara otomatis. Biasanya komputer client terhubung dengan DHCP server, seperti Linux, Windows NT workstation, Windows 2000 profesional, Windows XP, Vista, 7, 8 dan Widnows 10.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Fungsi DHCP

Fungsi DHCP adalah sebagai berikut ini:

  • Fungsi utama DHCP adalah digunakan oleh network administrator untuk melakukan pengelolaan jaringan komputer dan pengalamatan IP addres secara otomatis.
  • DHCP dapat mempercepat kinerja komputer client dalam proses pengelolaan dan pengiriman data.
  • DHCP dapat melayani penyewaan network dalam jumlah yang massal.
  • DHCP digunakan untuk memberikan layanan penyewaan IP address kepada komputer client yang terhubung dengan server secara otomatis.
  • DHCP server bisa memberikan layanan penyewaan ip address dinamis maupun ip addres statis.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Cara kerja DHCP

Berikut ini adalah tentang bagaimana cara kerja DHCP server dan client. DHCP server dalam menyewakan alamat IP kepada DHCP client mempunyai beberapa tahap cara kerja. Cara kerja DHCP adalah sebagai berikut ini.

  • IP Least Request yaitu tahap komputer client meminta alamat IP address kepada DHCP server.
  • IP least Offer yaitu tahap DHCP server memberikan penawaran alamat IP address yang tersedia kepada komputer client.
  • IP lease Selection yaitu tahap komputer client menerima alamat IP address yang ditawarkan oleh DHCP server dan melakukan penyewaan kepada DHCP server selama dalam batas waktu tertentu.
  • IP Lease Acknowledge yaitu tahap dimana DHCP server menerima penyewaan DHCP client, memberikan alamat IP address dan memberikan subnet jaringan yang lain sebagai fasilitas tambahan. Setelah itu DHCP client melakukan inisialisasi/ aktifasi dengan mengikat alamat IP sehingga alamat IP itu tidak bisa diambil oleh komputer client yang lain, kemudian komputer client dapat digunakan untuk bekerja pada jaringan DHCP server yang telah dikonfigurasi.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Itulah penjelasan yang telah kami tulis tetang pengertian DHCP beserta fungsi dan cara kerjanya. Semoga penjelasan di atas yang kami tulis dalam blog temukan pengertian dapat bermanfaat.

Buka Komentar
Tutup Komentar