Skip to main content

Pengertian Gopher dan Kegunaannya serta Cara Kerja Gopher

Pengertian gopher dan kegunaannya – Sekarang ini terdapat beberapa layanan di internet yang dapat kita gunakan, mulai dari email, mailing list, file transfer protocol, telnet, world wide web (www), internet relay chat, newsgroup, gopher dan masih banyak yang lainnya. Tentunya fungsi dari layanan internet adalah untuk memudahkan mengakses internet mulai dari informasi pribadi, bisnis, hobi, ekonomi dan lian-lain. Nah dalam pembahasan kali ini kami akan membahas lebih lanjut tentang layanan internet gopher. Apa itu gopher dan fungsinya? Bagi teman-teman yang masih belum tahu apa yang dimaksud dengan gopher dan fungsi gopher, maka teman teman bisa menyimak sampai selesai tentang pengertian gopher dan fungsinya yang kami tulis di sini. Di sini selain kami bahas definisi gopher atau arti dari gopher dan fungsinya, juga kami bahas tentang bagaimana cara kerja gopher serta kelebihan dan kekurangan gopher.

Pengertian Gopher dan Kegunaannya

Pengertian Gopher

Seperti apa pengertian gopher pada internet? Pengertian gopher adalah aplikasi yang mempunyai fasilitas untuk memudahkan pencarian, penarikan, dan pengambilan informasi dari server yang mendukung protocol Gopher melalui internet. Hal tersebut disebabkan karena Gopher menyediakan menu direktori dari subdirektori sehingga mirip client-server. Gopher merupakan protocol publikasi informasi berbasis karakter yang menggunakan menu untuk mengakses teks.

Yang dimaksud dengan menu di sini pada dasarnya adalah daftar isi yang digunakan untuk mengolah dan menunjukkan informasi-informasi tertentu. Layangn gopher ini menggunakan FTP (File Transfer Protocol) untuk pertukaran file dan telnet (Tele Networking) untuk koneksi dengan server tertentu. Walaupun sekarang ini layanan gopher sudah jarang dipakai, tetapi masih ada beberapa kalangan tertentu yang masih menjadi server aktif.

Pengertian Gopher dan Kegunaannya

Protokol gopher ini memberikan penawaran berbagai macam fitur-fitur terbaik, tetapi tidak didukung dengan native web. Gopher menggunakan hirarki yang lebih kuat di dalam informasi yang terdapat di dalamnya. Gopher mempunyai sistem dengan basis menu yang paling dasar dengan menyediakan konektivitas di mana akan saling terhubung antara file-file yang terdapat di dalam komputer-komputer pada internet. File-file tersebut terlihat seperti direktori berseri yang terdapat di sekitar menu gopher, padahal sebelumnya file-file tersebut berada pada komputer lain.

Tidak hanya itu saja, gopher juga menyediakan akses menuju dokumen teks, untuk grafik dan suara digital hanya dapat dimasukkan ke dalam kumpulan dokumen yang didownload terlebih dahulu pada komputer lokal. Sesudah itu barulah kamu bisa melihatnya seperti program lainnya. Gopher juga memungkinkan para penggunanya untuk bisa mengakses fasilitas lainnya yang ada di internet, misalnya mengakses telnet yang bisa memudahkan berkomunikasi jarak jauh.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Fungsi Gopher

Sebutkan fungsi gopher? Berikut ini kami tuliskan fungsi gopher atau kegunaan gopher:

Melalui adanya gopher, pengguna tidak perlu mengetahui alamat khusus yang terdapat pada komputer yang digunakan. Aplikasi gopher merupakan sistem yang bisa memungkinkan penggunanya untuk dapat mengakses segala situs-situs yang ada. Tidak hanya itu, gopher juga termasuk sistem yang mempunyai otomatisasi sehingga pengguna bisa mengakses berbagai informasi yang ada menggunakan hirarki.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Cara Kerja Gopher

Pengertian Gopher dan Kegunaannya

Cara kerja gopher yaitu mencari data atau dokumen berdasarkan pada teks (text base). Tetapi komputer sebelumnya harus dikoneksikan terlebih dahulu dengan koneksi internet yang ada di gopher server kemudian menyimpan data dan informasi tersebut. Jenis protokol gopher lama yang sangat rumit inilah yang membuat orang-orang mulai untuk meninggalakan layanan gopher. Namun pengembangan protokol gopher masih dilakukan oleh beberapa mahasiswa Universitas Minnesota, Amerika Serikat.

Arti dari gopher sendiri ialah protokol publikasi informasi yang berbasis karakter, di mana untuk dapat mengakses teks, pengguna harus menggunakan hirarki menu. Untuk tampilan, dalam sistem gopher hampir sama seperti telnet.

Contoh layanan gopher bisa kita temui pada beberapa perangkat, misal pada modem dan router. Yang membedakan antara gopher dan web yaitu pada penggunaan port nya. Biasanya pada web menggunakan port 80 dan bisa menampilkan gambar. Sedangkan untuk gopher menggunakan port 70 dan hanya bisa menampilkan teks saja.

Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Kelebihan dan Kekurangan Gopher

Jelaskan kelebihan dan kekurangan gopher? Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan layanan gopher.

Kelebihan dari Gopher

  • Bisa dengan mudah mengakses informasi dengan hirarki.
  • Pengguna tidak perlu mengetahui alamt khusus di dalam komputer yang dipakai.
  • Sistem menu pada gopher sangat simpel tetapi sangat interaktif.
  • Bisa memperluas pemasaran bagi setiap pelaku bisnis.
  • Target iklan yang terpasang akn jauh lebih terarah.
  • Bekerja sama dengan gopher indonesia, akan membuat trafic meningkat dalam situs yang digunakan dalam bisnis online. Tentunya akan memberikan dampak yang positif untuk kelancaran bisnis atau usaha.

Kekurangan dari Gopher

  • Hanya orang-orang tertentu saja yang sudah cukup mahir yang bisa mengaksesnya.
  • Tampilannya kurang menarik, tidak seperti tampilan yang ada pada www.
  • Fasilitas yang terdapat pada gopher hanya dapat mengakses informasi dalam bentuk teks saja. Sehingga tidak bisa menampilkan dalam bentuk multimedia.
Kembali ke Menu Pembahasan ↑

Seperti itulah penjelasan tentang pengertian gopher dan kegunaannya serta cara kerja dan kelebihan kekurangannya. Semoga apa yang kami jelaskan pada blog temukan pengertian ini bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan kita.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Tambahkan aplikasi Temukan Pengertian di smartphone tanpa install, buka Temukan Pengertian dengan browser Chrome di smartphone kemudian klik ikon 3 titikdi browser lalu pilih "Tambahkan ke layar utama". Selanjutnya buka aplikasi Temukan Pengertian dari layar utama smartphone Anda.
Buka Komentar
Tutup Komentar